Saturday 29 September 2012

DIAMOND HOUSE


DIAMOND HOUSE

CLUBHOUSE SA Inc

 

 

Address:

19 Kilkenny Road

Woodville Park SA 5011

PO Box 264

Kilkenny SA 5009

Ph: 08 8244 5525

Fax: 08 8244 5585


Website: www.clubhouse.org.au

 

 

Tanggal Praktik : 12 - 13 September 2012

 
 

Diamond House menyediakan suatu program rehabilitasi berorientasi pekerjaan untuk saling mendukung, memotivasi, belajar dan tumbuh bersama dengan orang-orang yang sedang memenej pengaruh dari mental illness.

 

Diamond House dibentuk sesudah dibukanya Fountain House di New York pada tahun 1947. Banyak Clubhouse di dunia kemudian mengikuti mangadop standard dari Fountain House.

 

Diamond House memiliki motto : “Suatu tempat yang aman untuk memiliki, bekerja dan kembali”. Diamond House dalam menjalankan kegiatannya bekerja sama dengan International Clubhouse Centre of Development (ICCD) dan Clubhouse Standards serta saat ini memiliki kontrak dengan SA Health – Mental Health Unit. Clubhouse didirikan atas keyakinan bahwa setiap aanggota dapat sembuh kembali dari efek mental illness yang menuju pada kehidupan personal yang menyenangkan.

 

Clubhouse pada dasarnya adalah sebuah program rehabilitasi berbasis masyarakat yang terus meluas dan berkembang. Anggota-anggota Clubhouse didukung dan dimotivasi untuk berpartisipasi dalam menjalankan Clubhouse secara keseluruhan dan terlibat dalaam kegiatan-kegiatan lainnya.

 

Clubhouse memungkinkan anggota-anggotanya untuk :

1.    Saling memiliki

2.    Saling membantu dalam pengelolaan Clubhouse

3.    Saling meningkaatkan pemahaman tentang teamwork dan bagaimana mendelegasikan tugas-tugas dan keterampilan berorganisasi

4.    Saling berbagi kesenangan dengan temaan-teman.

 

Adapun tujuan yang ingin dicapai melalui Clubhouse yaitu :

1.    Meningkatkan harga diri dan rasa percaya diri pada setiap orang

2.    Memberikan keterampilan-keterampilan yang memungkinkan orang untuk melakukan fungsinya di masyarakat yang lebih luas, baik di pekerjaan maupun sebagai anggota aktif dalam masyarakat.

 

Sekarang ini ada lebih dari 400 Clubhouse di dunia yang menyediakan layanan kepada individu-individu yang bermasalah dengan kesehatan mentalnya.

 

Diamond House secara khusus menawarkan kepada orang-orang serangkaian kegiatan untuk pelatihan dan keterampilan-keterampilan bekerja, yang dikembangkan pada setiap bidang seperti bertugas di dapur, menyiapkan makanan yang bersih, dukungan administrasi, berkebun, keterampilan computer, membersihkan dan merawat rumah dan industri. Seluruh anggota didukung untuk berkenalan kembali dengan keterampilan-keterampilan lama dan belajar keterampilan baru di area yang mereka senangi.

 

 

Diamond House memiliki 2 unit yaitu :

1.    Unit Komunikasi

Unit ini berusaha membantu para anggota untuk memperoleh keterampilan-keterampilan di bidang computer dan resepsionis melalui kesempatan belajar di dalam rumah maupun di tempat kerja.

2.    Unit Keanggotaan

Unit ini memberikan kesempatan bagi para anggotanya untuk belajar keterampilan memasak dan melayani pelanggan di dapur, disamping belajar keterampilan merawat kebun secara umum seperti membabat rumput dan menanam bunga.

 

Diamond House berusaha membantu para anggotanya untuk kembali bekerja dan mendapatkan tambahan uang melalui program transitional employment, supported employment dan independant employment. Transitional Employment Placement (TEP) menyediakan kesempatan-kesempatan untuk usaha dan menjalankan industry secara part time dengan waktu yang dibatasi, umumnya 15-20 jam per minggu untuk durasi 6-9 bulan.

 

Kegiatan lain yang ditawarkan yaitu :

1.    Seni dan puisi

2.    Fungsi-fungsi social

3.    Sosial, rekreasi, dan personal

4.    Pengembangan diri

5.    Catering, serta fungsi-fungsi lainnya.

 

Persyaratan untuk menjadi anggota Diamond House yaitu siapa saja dengan sejarah bermasalah dengan kesehatan mentalnya dan berumur di atas 16 tahun, yang direferral oleh dirinya sendiri, keluarga, teman maupun profesi terkait. Keanggotan Clubhouse sifatnya sukarela dan gratis. Mereka dapat datang sesering mungkin selama mereka membutuhkannya. Clubhouse dijalankan oleh para anggotanya dan untuk para anggotanya sendiri dengan dukungan dari staff yang ada. Clubhouse tidak menyediakan layanan klinis, namun menyediakan akses informasi psikologi dan psikiatri kepada para anggota dan keluarganya. Clubhouse mendukung orang-oraang untuk kembali ke komuniti mereka dengan menyediakan kesempatan untuk menggali opsi-opsi dalam bidang pekerjaan, kesehatan, pendidikan, pelatihan berbasis keterampilan, dan kegiataan-kegiatan social.

 

Saat ini ada sekitar 30-50 orang setiap hari dating untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan di Diamond House. Outreach dilakukan manakala aanggota tidak terlihat di Clubhouse untuk sementara waktu, melalui telpon atau surat. Ini dimaksudkan untuk memberikan dukungan, terutama manakala mereka sedang ada di rumah sakit atau sedang sakit.

 

 

Thursday 27 September 2012

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 4 TAHUN 1997



UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 4 TAHUN 1997
TENTANG
PENYANDANG CACAT
DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA
PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,
Menimbang        :      a.   bahwa dalam pelaksanaan pembangunan nasional yang bertujuan mewujudkan      
                                       masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 
                                      1945, Penyandang cacat merupakan bagian masyarakat Indonesia yang juga 
                                       memiliki kedudukan, hak, kewajiban dan peran yang sama ;
b.      bahwa penyandang cacat secara kuantitas cenderung meningkat dan, oleh karena itu, perlu semakin diupayakan peningkatan kesejahteraan sosial bagi penyandang cacat ;
c.       Bahwa dalam rangka terwujudnya kesamaan kedudukan, hak, kewajiban, dan peran sebagaimana tersebut di atas, dipandang perlu memberikan landasan hukum bagi upaya peningkatan kesejahteraan penyandang cacat di segala aspek kehidupan dan penghidupan dalam suatu undang-undang ;
Mengingat          :     Pasal 5 ayat (1) dan Pasal 20 ayat (1) Undang-Undang Dasar 1945 ;
Dengan Persetujuan
DEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIA
MEMUTUSKAN :
Menetapkan       :     UNDANG-UNDANG TENTANG PENYANDANG CACAT.
BAB I
KETENTUAN UMUM
Pasal 1
Dalam Undang-undang ini yang dimaksud dengan :
1.      Penyandang Cacat adalah setiap orang yang mempunyai kelainan fisik dan/atau mental, yang dapat mengganggu atau merupakan rintangan dan hambatan baginya untuk melakukan secara selayakny, yang terdiri dari :
a.       Penyandang cacat fisik ;
b.      Penyandang cacat mental ;
c.       Penyandang cacat fisik dan mental.
2.      Derajat kecacatan adalah tingkat berat ringannya keadaan cacat yang disandang seseorang.
3.      Kesamaan kesempatan adalah keadaan yang memberikan peluang kepada penyandang cacat untuk mendapatkan kesempatan yang sama dalam segala aspek kehidupan dan penghidupan.
4.      Aksesibilitas adalah kemudahan yang disediakan bagi penyandang cacat guna mewujudkan kesamaan kesempatan dalam segala aspek kehidupan dan penghidupan.
5.      Rehabilitasi adalah proses refungsionalisasi dan pengembangan untuk memungkinkan penyandang cacat mampu melaksanakan fungsi sosialnya secara wajar dalam kehidupan masyarakat.
6.      Bantuan sosial adalah upaya pemberian bantuan kepada penyandang cacat yang tidak mampu yang bersifat tidak tetap, agar mereka dapat meningkatkan taraf kesejahteraan sosialnya.
7.      Pemeliharaan taraf kesejahteraan sosial adalah upaya perlindungan dan pelayanan yang bersifat terus menerus, agar penyandang cacat dapat mewujudkan taraf hidup yang wajar.
BAB II
LANDASAN, ASAS, DAN TUJUAN
Pasal 2
Upaya peningkatan kesejahteraan sosial penyandang cacat berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Pasal 3

Upaya sebagaimana dimaksud dalam pasal 2 berdasarkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, manfaat kekeluargaan, adil dan merata, keseimbangan, keserasian dan keselarasan dalam penghidupan, hukum, kemandirian, dan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Pasal 4
Upaya sebagaimana dimaksud dalam pasal 2 yang diselenggarakan melalui pemberdayaan penyandang cacat bertujuan terwujudnya kemandirian dan kesejahteraan.
BAB III
HAK DN KEWAJIBAN
Pasal 5
Setiap penyandang cacat mempunyai hak dan kesempatan yang sama dalam segala aspek kehidupan dan penghidupan.

Pasal 6

Setiap penyandang cacat berhak memperoleh :
1.      Pendidikan pada semua satuan, jalur, dan jenjang pendidikan ;
2.      Pekerjaan dan penghidupan yang layak sesuai dengan jenis dan derajat kecacatan, pendidikan, dan kemampuannya ;
3.      Perlakuan yang sama untuk berperan dalam pembangunan dan menikmati hasil-hasilnya ;
4.      Aksesibilitas dalam rangka kemandiriannya ;
5.      Rehabilitasi, bantuan sosial, dan pemeliharaan  taraf  kesejahteraan sosial ; dan
6.      Hak yng sm untuk menumbuhkan bakat, kemampuan, dan kehidupan sosialnya, terutama bagi penyandang cacat anak dalam lingkungan keluarga dan masyarakat.
Pasal 7
(1)     Setiap penyandang cacat mempunyai kewajiban yang sama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
(2)     Kewajiban sebagaimana dimaksud pada ayat (1) pelaksanaannya disesuaikan dengan jenis dan derajat kecacatan, pendidikan dan kemampuannya.
Pasal 8
Pemerintah dan/atau masyarakat mengupayakan terwujudnya hak-hak penyandang cacat.
BAB IV
KESAMAAN KESEMPATAN
Pasal 9
Setiap penyandang cacat mempunyai kesamaan kesempatan dalam segala aspek kehidupan dan penghidupan.
Pasal 10
(1)        Kesamaan kesempatan bagi penyandang cacat dalam segala aspek kehidupan dan penghidupan dilaksanakan melalui penyediaan aksesibilitas.
(2)        Penyediaan aksesibilitas dimaksudkan untuk menciptakan keadaan dan lingkungan yang lebih menunjang penyandang cacat dapat sepenuhnya hidup bermasyarakat.
(3)        Penyediaan aksesibilitas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) diselenggarakn oleh pemerintah dn/atau masyarakat dan dilakukan secara menyeluruh, terpadu, dan berkesinambungan.
Pasal 11
Setiap penyandang cacat mempunyai kesamaan kesempatan untuk mendapatkan pendidikan pada satuan, jalur, jenis, dn jenjang pendidikan sesuai dengan jenis dan derajat kecacatannya.

Pasal 12

Setiap lembaga pendidikan memberikan kesempatan dan perlakuan yang sama kepada penyandang cacat sebagai peserta didik pada satuan, jalur, jenis, dan jenjang pendidikan sesuai dengan jenis dan kecacatan serta kemampuannya.

Pasal 13

Setiap penyandang cacat mempunyai kesamaan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan jenis dan derajat kecacatannya.

Pasal 14

Perusahaan negara dan swasta memberikan kesempatan dan perlakuan yang sama kepada penyandang cacat dengan mempekerjakan penyandang cacat di perusahaannya sesuai dengan jenis dan derajat kecacatannya, pendidikan, dan kemampuannya, yang jumlahnya disesuaikan dengan jumlah karyawan dan/atau kualifikasi perusahaan.

Pasal 15

Ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 10, Pasal 12, dan Pasal 14 diatur lebih lanjut dengan Peraturan Pemerintah.
BAB V
UPAYA
Pasal 16
Pemerintah dan/atau masyarakat menyelenggarakan upaya ;
1.      Rehabilitasi ;
2.      Bantuan sosial ;
3.      Pemeliharaan taraf kesejahteraan sosial.
Pasal 17
Rehabilitasi diarahkan untuk memfungsikan kembali dan mengembangkan kemampuan fisik, mental, dan sosial penyandang cacat agar dapat melaksanakan fungsi sosialnya secara wajar sesuai dengan bakat, kemampuan, pendidikan, dan pengalaman.

Pasal 18

(1)     Rehabilitasi dilaksanakan pada fasilitas yang diselenggarakan oleh Pemerintah dan/atau masyarakat.
(2)     Rehabilitasi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi rehabilitasi medik, pendidikan, pelatihan, dan sosial.
(3)     Ketentuan mengenai penyelenggaraan rehabilitasi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan (2) diatur lebih lanjut dengan Peraturan Pemerintah.
Pasal 19
Bantuan sosial yang dimaksud untuk mambantu penyandang cacat agar dapat berusaha meningkatkan taraf kesejahteraan sosialnya.

Pasal 20

(1)     Bantuan sosial sebagaimana dimaksud dalam Pasal 19 diberikan kepada :
a.       Penyandang cacat yang tidak mampu, sudah direhabilitasi, dan belum bekerja ;
b.      Penyandang cacat yang tidak mampu, belum direhabilitasi, memiliki keteram[pilan, dan belum bekerja
(2)     Ketentuan mengenai bentuk, jumlah, tata cara, dan pelaksanakan pemberian bantuan sosial sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur lebih lanjut dengan Peraturan Pemerintah.
Pasal 21
Pemeliharaan taraf kesejahteraan sosial diarahkan pada pemberian perlindungan dan pelayanan agar penyandang cacat dapat memelihara taraf hidup yang wajar.

Pasal 22

(1)     Pemeliharaan taraf kesejahteraan sosial sebagaimana dimaksud dalam Pasal 21 diberikan kepada penyandang cacat yang derajat kecacatannya tidak dapat direhabilitasi dan kehidupannya bergantung pada bantuan orang lain.
(2)     Ketentuan mengenai bentuk, tata cara, dan syarat-syarat pemeliharaan taraf kesejahteraan sosial sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur lebih lanjut dengan Peraturan Pemerintah.
BAB VI
PEMBINAAN DAN PERAN MASYARKAT
Pasal 23
(1)     Pemerintah dan masyarakat melakukan pembinaan terhadap upaya peningkatan kesejahteraan sosial penyandang cacat.
(2)     Pembinaan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mencakup segala aspek kehidupan dan penghidupan.
Pasal 24
Pemerintah melakukan pembinaan terhadap upaya peningkatan keejahteraan sosial penyandang cacat melalui penetapan kebijakan, perijinan, dan pengawasan.

Pasal 25

(1)     Masyarakat melakukan pembinaan melalui berbagai kegiatan dalam upaya penningkatan kesejahteraan sosial penyandang cacat.
(2)     Masyarakat mempunyai kesempatan yang seluas-luasnya untuk berperan dalam upaya peningkatan kesejahteran sosial penyandang cacat.
Pasal 26
Ketentuan mengenai pembinaan dan peran masyarakat sebagaimana dimaksud dalam pasal 24 dan Pasal 25 diatur lebih lanjut dengan Peraturan Pemerintah.

Pasal 27

(1)     Pemerintah memberikan penghargaan kepada perusahaan yang mempekerjakan penyandang cacat.
(2)     Penghargaan diberikan juga kepada lembaga, masyarakat, dan/atau perseorangan yang berjasa dalam upaya peningkatan kesejahteraan sosial penyandang cacat.
(3)     Ketentuan pemberian penghargaan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan (2) diatur lebih lanjut dengan Peraturan Pemerintah.
BAB VII
KETENTUAN PIDANA
Pasal 28
(1)     Barang siapa dengan sengaja melakukan pelanggaran terhadap Pasal 14 diancam dengan pidana kurungan slama-lamanya 6 (enam) bulan dan/atau pidana denda setinggi-tingginya Rp. 200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah).
(2)     Tindak Pidana sebagaimana dimaksud pda ayat (1) adalah pelanggaran.
BAB VIII
SANKSI ADMINISTRASI
Pasal 29
(1)     Barang siapa tidak menyediakan aksesibilitas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 10 atau tidak memberikn keempatan dan perlakuan yang sama bagi penyndang cacat sebagai peserta didik pada satuan, jalur, jenis, dan jenjang pendidikan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 dikenakan sanksi administrasi.
(2)     Bentuk, jenis, dan tata cara pengenaan sanksi administrasi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur lebih lanjut dengan Peraturan Pemerintah.
BAB IX
KETENTUAN PERALIHAN
Pasal 30
Dengan berlakunya Undang-undang ini, semua peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan penyandang cacat yang telah ada, msih tetap berlaku sepanjang tidak bertentangan dan/atau belum atau diubah berdasarkan Undang-undang ini.
BAB X
KETENTUAN PENUTUP
Pasal 31
Undang-undang ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan.
Agar setiap orang mengetahuinya, memerinthkan pengundangan Undang-undang ini dengan penempatannya dalam Lembaran Negara Republik Indonesia.
                                                                                                                                                                        Disahkan di Jakarta
                                                                                              Pada tanggal 28 Februari 1997
                                                                              PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA
                                                                                                            Ttd
                                                                                                S O E H A R T O
Diundangkan di Jakarta
Pada tanggal 28 Februari 1997
MENTERI NEGARA SEKRETARIS NEGARA
                  REPUBLIK INDONESIA
                                    Ttd
                     M O E R D I O N O

LEMBARAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1997 NOMOR 9

Salinan sesuai dengan aslinya
SEKRETARIAT KABINET RI
Kepala Biro Hukum
Dan Perundang-undangan
Ttd

Lambock V. Nahattands

Salinan sesuai dengan salinan aslinya
DEPARTEMEN SOSIAL RI
Kepala Biro Hukum,
Ttd
Sri Kusniati, SH
NIP. 170005272







PENJELASAN
ATAS
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 4 TAHUN 1997
TENTANG
PENYANDANG CACAT
UMUM
Pembangunan nasional bertujuan untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur yang materiel dan spirituil berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam Wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, dan berkedaulatan rakyat dalam suasana perikehidupan bangsa yang aman, tentram, tertib, dan dinamis dalam lingkungan pergaulan dunia yang merdeka, bersatu, tertib, dan damai.
Pembangunan nasional sebagai pengamalan Pancasila yang mencakup seluruh aspek kehidupan bangsa diselenggarakan bersama oleh masyarakat dan Pemerintah. Masyarakat adalah pelaku utama pembangunan dan Pemerintah berkewajiban mengarahkan, membimbing, melindungi serta menumbuhkan suasana yang menunjang. Kegiatan masyarakat dan kegiatan Pemerintah saling menunjang, saling mengisi dan saling melengkapi dalam satu kesatuan langkah menuju tercapainya tujuan pembangunan nasional.
Sebagai warga negara Indonesia, kedudukan, hak, kewajiban, dan peran penyandang cacat adalah sama dengan warga negara lainnya. Oleh karena itu, peningkatan peran para penyandang cacat dalam pembangunan nasional sangat penting untuk mendapat perhatian dan didayagunakan sebagai mana mestinya.
Hingga saat ini sarana dan upaya memberikan perlindungan hukum terhadap kedudukan, hak, kewajiban, dan peran para penyandang cacat telah dilakukan melalui berbagai peraturan perundang-undangan, yaitu yang mengatur masalah ketenagakerjaan, pendidikan nasional, kesehatan, kesejahteraan sosial, lalu lintas dan angkutan jalan, perkeretaapian, pelayaran, penerbangan, dan kepabeanan.
Namun demikian, upaya perlindungan saja belumlah memadai ; dengan pertimbangan bahwa jumlah penyandang cacat akan meningkat pada masa yang akan datang, masih diperlukan lagi sarana dan upaya lainnya terutama dengan penyedian sarana untuk memperoleh kesamaan kesempatan bagi penyandang cacat dalam segala aspek kehidupan dan penghidupan, khususnya dlam memperoleh pendidikan dan pekerjaan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan sosialnya. Yang dimaksud dengan kesejahteraan sosial dalam Undang-undang ini adalah suatu tata kehidupan dan penghidupan sosial materiel maupun spiritual yang diliputi oleh rasa keselamatan, kesusilaan, dan ketentraman lahir batin yang memungkinkan bagi setiap warga negara untuk mengadakan uasaha pemenuhan kebutuhan-kebutuhan jasmaniah, rohaniah, dan sosial yang sebaik-baiknya bagi diri, keluarga, serta masyarakat dengan menjunjung tinggi hak dan kewajiban warga negara sesuai dengan Pancasila. Oleh karena itu, sesuai dengan ketentuan mengenai kedudukan, hak, dan kewajiban warga negara sebagaimana dimaksud dalan Undang-Undang Dasar 1945 perlu dilakukan upaya-upaya yang lebih memadai, terpadu, dan berkesinambungan guna mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan penyandang cacat.
Kesempatan untuk mendapatkan kesamaan kedudukan, hak,  dan kewajiban bagi penyandang cacat hanya da[pat diwujudkan jika tersedia aksesibilitas, yaitu suatu kemudahan bagi penyandang cacat untuk mencapai kesamaan kesempatan dalam memperoleh kesamaan kedudukan, hak, dan kewajiban sehingga perlu diadakan upaya penyediaan aksesibilitas bagi penyandang cacat. Dengan upaya dimaksud, diharapkan penyandang cacat dapat berintegrasi secara total dalam mewujudkan tujuan pembangunan nasional pada umumnya serta meningkatkan kesejahteraan sosial penyandang cacat pada khususnya.
Penyelenggaraan upaya peningkatan kesejahteraan sosial yang antara lain dilaksanakan melaui kesamaan kesempatan bagi penyandang cacat hakekatnya menjadi tanggung jawab bersama Pemerintah, masyarakat, keluarga, dan penyandang cacat sendiri. Oleh karena itu diharapkan semua unsur tersebut berperan ktif untuk mewujudkannya. Dengan kesamaan kesempatan tersebut diharapkan pr penyandang cct dapat melaksanakan fungsi sosialnya dalam arti mampu berintegrasi melalui komunikasi dan interaksi secara wajar dalam hidup bermasyarakat.
Kesamaan kesempatan dilaksanakan melaui penyediaan aksesibilitas baik Pemerintah maupun masyarakat, yang dalam pelaksanaannya disertai dengan upaya peningkatan kesadaran dan tanggung jawab masyarakat terhadap keberadaan penyandang cacat, yang merupkan unsur penting dalam rangka pemberdayaan penyandang cacat.
Berdasarkan hal tersebut, Undang-undang ini disusun dengan meletakkan masalah penyelenggaraan upaya peningkatan kesejahteraan sosial dan kesamaan kesempatan sebagai materi pokok.
PASAL DEMI PASAL
Pasal 1
         Angka 1
                  Cukup jelas
         Angka 2
                  Cukup jelas
         Angka 3
                  Cukup jelas
         Angka 4
                  Cukup jelas
         Angka 5
                  Cukup jelas
         Angka 6
                  Cukup jelas
         Angka 7
                  Cukup jelas
Pasal 2
         Cukup jelas
Pasal 3
         Cukup jelas
Pasal 4
         Cukup jelas
Pasal 5
         Yang dimaksud dengan penyandang cacat adalah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 angka 1 terdiri dari :
a.       cacat fisik adalah kecacatan yang mengakibatkan ganguan pada fungsi tubuh antara lain gerak tubuh, penglihatan, pendengaran, dan kemampuan bicara;
b.      cacat mental adalah kelainan mental dan/atau tingkah laku, baik cacat bawaan maupun akibat dari penyakit;
c.       cacat fisik dan mental adalah keadaan seseorang yang menyandang dua jenis kecacatan sekaligus.
Yang dimaksud dengan aspek kehidupan dan penghidupan dalam Pasal ini meliputi antara lain aspek agama, kesehatan, pendidikan, sosial, ketenagakerjaan, ekonomi, pelayanan umum, hukum, budaya, politik, pertahanan keamanan, oleh raga, rekreasi, dan informasi.
Pasal 6
         Angka 1
                  Cukup jelas
         Angka 2
                  Cukup jelas
         Angka 3
                  Cukup jelas
         Angka 4
                  Cukup jelas
         Angka 5
                  Cukup jelas
         Angka 6
                  Ketentuan ini dimaksud agar penyandang cacat akan memperoleh :
a.       hak untuk hidup menjalani sepenuhnya kehidupan kanak-kanak, dalam suatu keadaan yang memungkinkan dirinya meningkatkan martabat dan kepercayan diri, serta mampu berperan ktif dalam masyarakat;
b.      hak untuk meningkatkan perlakuan dan pelyanan secara wajar baik dalam lingkungan keluarga mupun masyarakat.
c.       Hak untuk sedini mungkin mendapatkan akses pendidikan, latihan, peterampiln, perawatan kesehatan, rehabilitasi, dan rekreasi sehingga mampu mandiri dan menyatu dalam masyarakat.
Pasal 7
         Ayat (1)
                  Cukup jelas
         Ayat (2)
                  Cukup jelas
Pasal 8
         Cukup jelas
Pasal 9
         Cukup jelas
Pasal 10
         Ayat (1)
               Penyedian aksesibilitas bgi penyandang cacat diupayakan berdasarkan kebutuhan penyandang cacat sesuai dengan jenis dan derajat kecacatan serta standar yang ditentukan.
               Standarisai yang berkenan dengan aksesibilitas ditetapkan oleh instansi yang berwenang.Penyediaan aksesibilitas dapat berupa fisik dan non fisik, antara lain sarana dan prasarana umum serta informasi yang diperlukan bagi penyandang cacat untuk memperoleh kesamaan kesempatan.
         Ayat (2)
               Ketentuan ini dimaksudkan agar penyandang cacat dapat memperoleh dan memanfaatkan kesamaan kesempatan seperti anggota masyarakat lainnya dalam berbagai aspek kehidupan dan penghidupan sehingga dapat menunjang mobilitas dan kemndirian penyandang cacat.
         Ayat (3)
               Cukup jelas
Pasal 11
         Ketentuan ini mempertegas hak dan kewajiban yang sama bagi penyandang cacat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 dan Pasal 6 Undang-undang ini yang berkaitan dengan bidang pendidikan.
Pasal 12
         Perlakuan yang sama diharapkan penyandang cacat sebagi peserta didik mendapatkan kesamaan perlaukan sebagimana peserta didik lainnya, termasuk di dalamnya perlakuan untuk      mendapatkan sarana dan prasarana pendidikan. Sedangkan yang dimaksud satuan, jalur, jenis, dan jenjang pendidikan adalah sebagimana diatur dalam Undang-undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Pasal 13
         Ketentuan ini mempertegas hak dan kesempatan yang sama bagi penyandang cacat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 dan Pasal 6 Undang-undang ini yang berkaitan dengan bidang ketenagakerjaan.
Pasal 14
         Perusahaan negara meliputi badan usaha negara (BUMN) dan badan usaha milik daerah (BUMD), sedangkan perusahaan swasta termasuk didalamnya koperasi.
         Perusahaan harus mempekerjaan sekurang-kurangnya 1 (satu) orang penyandang cacat yang memenuhi persyaratan dan kualifikasi pekerjaan yang bersangkutan, untuk setiap 100 (seratus) orang karyawan.
         Perusahaan yang menggunakan teknologi tinggi harus mempekerjakan sekurang-kurangnya 1 (satu) orang penyandang cacat yang memenuhi persyaratan dan kualifikasi pekerjaan yang bersangkutan walaupun jumlah karyawannya kurang dari 100 (seratus) orang.
         Perlakuan yang sama diartikan perlakuan yang tidak diskriminatif termasuk di dalamnya kesamaan pengupahan untuk pekerjaan dan jabatan yang sama.
Pasal 15
         Peraturan Pemerintah yang dimaksud dalam Pasal ini diupayakan dalam waktu tidak terlalu lama sudah dapat diundangkan.
         Mengenai penyedian aksesibilitas khususnya sarana dan prasarana umum yang sebelum diundangkannya Undang-undang ini dan peraturan pelaksanaannya belum ada, diberikan kesempatan mengadakan penyesuaian dengan ketentuan Undang-undang ini dan peraturan pelaksanaannya selambat-lambatnya 5 (lima) tahun sejak Peraturan Pemerintah diundangkan.
Pasal 16
         Cukup jelas
Pasal 17
         Yang dimaksud dengan fungsi sosial adalah kemampuan dan peran seseorang untuk berintegrasi melalui komunikasi dan interaksi dalam hidup bermasyarakat secara wajar.
Pasal 18
         Ayat (1)
                  Yang dimaksud dengan fasilitas dalam ayat ini adalah sarana dan prasarana pelayanan rehabilitasi, misalnya panti sosial, balai latihan kerja, rumah sakit, dan unit rehabilitasi sosial keliling.
         Ayat (2)
                  Rehabilitasi medik adalah kegiatan pelayanan kesehatan secara utuh dan terpadu melalui tindakan medik agar dapat mencapai kemampuan fungsional semaksimal mungkin.
                  Rehabilitasi pendidikan adalah kegiatan pelayanan pendidikan secara utuh dan terpadu melalui proses belajar mengajar agar dapat mengikuti pendidikan secara optimal sesuai dengan bakat, minat, kemampuannya.
                  Rehabilitasi pelatihan adalah kegiatan pelayanan pelatihan secara utuh dan terpadu agar penyandang cacat dapat memiliki keterampilan kerja sesuai dengan bakat dan kemmpuannya.
                  Rehabilitasi sosial adalah kegiatan pelayanan sosial secara utuh dan terpadu melalui pendekatan fisik, mental, dan sosial agar dapat melaksanakan fungsi sosialnya secara optimal dalam hidup bermasyarakat.
         Ayat (3)
                  Cukup jelas
Pasal 19
         Bantuan sosial dapat berbentuk materiel, finansial, fasilitas pelayanan, dan informasi yang bersifat mendidik dan mendorong tumbuhnya kesadaran dan tanggung jawab sosial penyandang cacat. Bantuan sosial ini diberikan sewaktu-waktu dengan maksud dan tujuannya.
Pasal 20
         Ayat (1)
                  Cukup jelas
         Ayat (2)
                  Cukup jelas
Pasal 21
         Perlindungan dan pelayanan sosial dalam Psal ini dapat dilaksanakan melalui keluarganya, keluarga pengganti, panti sosial, dan organisasi sosial yang merawat penyandang cacayt tersebut.
Pasal 22
         Ayat (1)
                  Cukup jelas
         Ayat (2)
                  Cukup jelas
Pasal 23
         Ayat (1)
                  Pembinaan adalah kegitn untuk mengrahkan agar upaya peningktan kesejahteraan sosial penyandang cacat dapt dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan kebijakan Pemerintah.
         Ayat (2)
                  Pembinaan pada segala aspek kehidupan dan penghidupandilaksanakan agar penyandang cact dapat hidup mandiri dn sejahtera. Khususnya pada aspek agama diarahkan pda peningkatan penghayatan dn pengamalan nilai-nilai spiritual.
Pasal 24
         Pembinan melalui perijinan dan pengawasan dalam Pasal ini mencakup pula evaluasi dn pengendalian terhadap kegiatan yang dilaksanakan oleh organisasi sosial yang menerima bantuan, baik dari dalam maupun luar negeri, sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
Pasal 25
         Ayat (1)
                  Pembinaan oleh masyarakat dilaksanakan sesuai dengan lingkup kegiatan yang dilakukan berdasarkan peraturan perundang-undangan dan kebijakan Pemerintah.
         Ayat (2)
                  Peran masyarakat dapat berbentuk sumbangan pemikiran, tenaga, sarana dan prasarana, dana, dan lain-lain.
Pasal 26
         Cukup jelas
Pasal 27
         Ayat (1)
                  Cukup jelas
         Ayat (2)
                  Yang dimaksud dengan lembaga pada ayat ini adalah lembaga Pemerintah dan lembaga masyarakat.
         Ayat (3)
                  Cukup jelas
Pasal 28
         Ayat (1)
                  Cukup jelas
         Ayat (2)
                  Cukup jelas
Pasal 29
         Ayat (1)
                  Cukup jelas
         Ayat (2)
                  Bentuk sansi administrasi dapat berupa teguran, baik lisan maupun tulisan, dan denda administrasi, yang pelaksanaannya dilakukan oleh instansi yang berwenang.
Pasal 30
         Cukup jelas
Pasal 31
         Cukup jelas
TAMBAHAN LEMBARAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 3670