Wednesday, 10 November 2010

WOR Sebagai Fokus Dan Dinamika Hidup Kebudayaan Biak

WOR Sebagai Fokus Dan Dinamika Hidup Kebudayaan Biak

Frans Rumbrawer@
Abstract
Munara or Wor is the center of cultural life of Biak people. It can de defined as
family invitiation to take a part in a party; singing and dancing, drinking and
eating and end up with economic transaction among those who attend the
party..
The Munara or Wor is divided into two ; war sraw or “ small party” and
Munara or Wor Veyeren or “big party”. War Sram divided into 18 parties and
War Veyeren divided into 11 parties.
For the Biak, war is not just an institusion but also a dynamist on their
achievement as an individual, clan tribes when they can perform the wor
completly.
Modernication in nowdays has changed the value of Wor. War according to the
anthor, in these days is just a normal or reguler ceremony in the society.
0. Pendahuluan
Saya tidak menyadari sebelumnya, bahwa siapa sesungguhnya diri saya? Setelah
mengalami, mengetahui, sekaligus menikmati daur hidup orang Vyak seutuhnya,
lalu seberkas kearifan tradisi (indigenous knowledge) yang telah diperoleh
secara adat itu, lebih diterangi oleh wawasan akademik antropologis dalam
perspektif strukturalis, barulah saya menyadari bahwa siapa diri saya dalam
konteks kebudayaan Vyak. Sesungguhnya Mankundi (Tuhan Yang Esa) telah
memberikan karunia dalam keluarga besar Soor, kelompok Suprimankun
(pemilik negeri) er Sovuver & Iryow. Apa gerangan dan apa sesungguhnya arti
di balik sapaan apsasor (term of reference) yang telah disematkan kepada saya
sebagai Roma Manseren atau roma siwor sern warek (anak yang selalu
diupacaraadatkan) setelah menerima pengukuhan dalam munara (pesta akbar)
atau wor veba (pesta inisiasi besar) yang penuh magis religius pada ketika itu
(20 April 1965).
@ Dosen Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Cenderawasih dan Sekretaris Lembaga Penelitian UNCEN
ISSN: 1693-2099
ANTROPOLOGI PAPUA, Vol. 2 No. 4, Agustus 2003 41
Saya menyadari bahwa konsekuensi magis dalam pranata kesakralan adat
subkeret yang terformulasi dalam paket sapaan apsasor perlu dirahasiakan
secara selektif proporsional. Akan tetapi konsekuensi moral (akademik) saya
menuntut agar kerahasiaan er (marga) itu, patut disingkap secukupnya untuk
menjadi perhatian bagi masyarakat (kita) termasuk para akedimisi yang telah
dikategorikan dalam masyarakat loosness structure itu. Berkaitan dengan itu,
izinkan saya untuk memanfaatkan pengalaman pribadi saya, sebagai kasus atau
data sekadarnya untuk memberikan penjelasan tentang teori struktural yang
terkesan amat abstrak itu. Lalu, diskusi ini akan berfokus pada Munara atau
Wor Vyak sebagai puncak (culture core) dari prestasi maksimal dalam
kehidupan kebudayaan orang Vyak. Sebab itu, saya berharap bahwa para peserta
atau pembaca tak akan melihat pribadi saya pada perspektif sempit yang
subjektif dan etnosentris.
1. Pengalaman Emik-Empiris
Saya memang dilahirkan dan diinisiasi lengkap sebagai: putra sulung (roma
rak); penerima hak-hak patrilineal; dalam struktur keluarga suprimankun; klen
Sovuver-Iryow; pada subklen Rumbrawer; var Manseren, dalam subsuku Vyak;
kelompok Napa; ersandei (lingkungan) var risen, pada wilayah adat/hukum
(sawre) dewan Yawosi; berbahasa Vyak dialek Soor; dan dibesarkan di
kampung Boi (Kampung Bosnarvaidi sekarang); Distrik Korem Biak Utara;
dalam kawasan budaya (culture area) Biak-Numfor; dan berpaham etnosentris
Vyak yang konservatif.
Sebagai kpurak (cucu sulung, generasi min empat (- 4), yaitu akak dari Dimara
Sisum (yang dipertuan agung) Sovuver (Sanadi Soor, generasi + 4) dan Mayor
Iryow (Madira à sebagai ancestor), yang dilahirkan sebagai romarak atau
roma siwor sern atau sfes eren warek atau roma manseren (anak yang selalu
dinyanyikalenderkan atau dijanjikan, diupacaraadatkan) dalam status marital
berdasarkan prestasi maksimal ufkarkir swandido dan suprido-nya
(kepandaiuletan bernelayan & berladang), Mankankan Dore (Michel II
Rumbrawer) dengan Adafker (Sandelina Iryow). Sebagai putra penyandang
predikat kuasa adat, bukanlah tugas yang ringan. Konsekuensi menjadi romarak
yang telah mencapai tingkatan inisiasi tertinggi (dalam adat) dan telah berhak
disapa sebagai roma manseren (apsasor) dalam adat Vyak yang konservatif
tentu sekali tidak gampang memperoleh sapaan tersebut. Sebab, melewati seleksi
adat yang ketat, karena (kala itu) adat Vyak berbenturan keras dengan adat
Kristen. Saya telah disuguhi dan menikmati seutuhnya sebagian besar sistem
pengetahuan atau kearifan tradisi Vyak yang dilatih dan diberikan secara rahasia
oleh para tetua dan juga belajar dari lingkungan sekitar, serta mengikuti dan
menikmati serentetan prosesi siklus hidup wor seutuhnya, baik wor sraw (pesta
ISSN: 1693-2099
ANTROPOLOGI PAPUA, Vol. 2 No. 4, Agustus 2003 42
inisiasi kecil) sampai dengan munara atau wor veba (pesta inisiasi akbar,
lengkap).
Atas dasar pemahaman emik dan pengalaman empiris yang telah dikemukakan
di atas inilah yang memberikan motivasi bagi penulis untuk berdiskusi seadanya
tentang munara atau wor sebagai fokus dan sekaligus sebagai dinamika hidup
(totalitas yang integral) dalam kebudayaan orang Biak.
2. Pengertian Munara atau Wor Biak
Jika kita uraikan kedua konsep atau peristilahan munara dan wor atas struktur
atau bentuk katanya, maka akan jelas konsep-konsep utama yang berkaitan erat
dengan kedua kata kompleks tersebut. Kata munara terdiri atas dua morfem
bentukan, yakni dari morfem mun ‘penggal, bagian atau bayar, ganti’; dan
morfem ara ‘kasihan, ibah hati, penggugah, pemancing, pemotivasi, penyebab
sesuatu terjadi’: mun + ara. Sedangkan morfem wor, terdiri pula atas dua
morfem bentukan, yakni morfem terikat penanda persona w à aw ‘engkau
dengan morfem bebas or ‘panggilan, mengundang; atau pesta, lagu, nyanyian:
‘w +or.
Dengan demikian kata munara atau wor itu dapat diformulasikan menjadi:
undangan keluarga untuk mengambil bagian dalam pesta: menari dan bernyanyi,
makan-minum bersama, dan diakhiri dengan acara transaksi ekonomi bersama
berupa hasil ladang seperti: talas, keladi, sagu, dan hasil buruan seperti: daging
babi, ikan, dengan transaksi hasil barteran berupa: piring, gelang, parang,
tombak dan sebagainya antar keluarga tuan pesta dengan pihak keluarga paman
(mother brother), yang dikenal dalam adat Vyak dengan istilah munsasu dan
maidofa (take and give) secara kolektif.
Dengan demikian, munara atau wor dapat diartikan secara bebas sebagai pesta
atau upacara akbar yang tentunya dibarengi dengan acara jamuan makan,
bernyanyi dan menari, yang diakhiri dengan transaksi ekonomi, yang
terselenggara sebagai puncak dari seluruh kompleksitas dan rangkaian pesta adat
yang mengikuti lingkaran atau daur hidup seseorang, mulai dari kehadirannya
dalam kandungan (janin), kelahiran, kanak-kanak, remaja, akilbalik, dewasa, tua,
hingga ia masuk liang kubur.
3. Jenis Munara atau Wor Biak
Munara atau wor Vyak dibagi atas dua bagian besar, yaitu wor sraw ‘pesta kecil’
dan munara atau wor veyeren ‘pesta akabar’. Seterusnya wor sraw atau secabik
pesta (kecil) kurang lebih terbagi lagi atas 18 wor, yakni pesta ‘wor’: (1) kakfo
ISSN: 1693-2099
ANTROPOLOGI PAPUA, Vol. 2 No. 4, Agustus 2003 43
ikoibur ‘meramal kelamin janin’; (2) anunbesop ‘diturunkannya bayi dari
rumah ke halaman/bawah sekitar kampung’; (3) anansus ‘tetekan bayi’; (4)
raikarkir ‘pelobangan telinga dan hidung’; (5) ananmam ‘makan kunyahan’; (6)
marandak ‘jalan pertama kali’; (7) andomankun ‘ makan sendiri tanpa disuap’;
(8) papaf ‘penyapihan anak’; (9) kapanaknik ‘cukur rambut anak’; (10)
famamarwark ‘pemberian cawat/pakain’; (11) mansorandak ‘pertama kali pergi
dan kembali dari negeri orang’; (12) amfudum ‘pengatapan rumah baru’; (13)
sunavrdado ‘memasuki/hunian rumah tinggal baru’; (14) sunsram ‘memasuki
pendidikan di lembaga rumsram’; (15) sarsram ‘pesta tamat lembaga rumsram’;
(16) sarwai babo ‘uji-pakai perahu baru’; (17) kper-roemun ‘lepas dari bahaya’;
(18) avovs-farbey ‘pelepasan atribut perkabungan’.
Sedangkan munara ‘pesta akbar’ kurang lebih terbagi pula atas 11 wor, yakni
pesta ‘wor ‘: (1) beyeren atau wor kabor insos ‘pesta inisiasi keluarga inti
(anak-anak); (2) ramrem ‘pesta peminyakan bagi pengantin laki-laki yang akan
memasuki rumah tangga baru; (3) fakoker ‘pesta pemotongan atau pelepasan
tali (adat) pingitan (keperawanan) orang tua atau keluarga bagi seseorang
pengantin perempuan yang hendak berumah tangga baru; (4) umbambin ‘pesta
prosesi antar-arakan dari keluarga luas pengantin wanita kepada keluarga luas
pengantin pria; (5) yakyaker ‘pesta pengantaran wanita disertai perabot rumah
tangganya dari keluarga dekat pihak perempuan (orang tua terdekat: bapak-ibu,
saudara-saudara, paman-bibi) untuk seterusnya tinggal bersama suaminya atau
memasuki keluarga pihak keluarga laki-laki; (6) akekdofnan (yaf) ‘pesta panen
raya); (7) faduren ‘pesta sarat muatan perahu niaga atau keberhasilan
perbarteran antar pulau; (8) samsom ‘pesta permohonan maaf’; (9) samsyom
‘syukur puji’; (10) fannangki ‘pesta pemberian persembahan hasil panen
kepada Tuhan penguasa langit-bumi’; (11) rakmamun ‘pesta kemenangan
perang’.
4. Wor sebagai Fokus dan Dinamika Hidup Orang Biak
Istilah fokus kebudayaan, seperti yang digunakan untuk mengarahkan diskusi
ini, sesungguhnya mengandung arti bahwa dalam kehidupan setiap suku bangsa
(etnik di mana pun, telah pasti mempunyai kebudayaan inti (culture core). Pada
hakekatnya garis besar konsep kebudayaan itu dapat dilihat sebagai pengetahuan
yang dapat diperoleh dalam kehidupan sehari-hari dan yang dipakai untuk
mengartikan pengalamannya dan menghasilkan tingkah laku sosial
(Goodenough, 1964).
Untuk diskusi ini, kita akan melihat kebudayaan itu dari segi perilaku dalam segi
kognitif (struktur). Berdasarkan pemahaman ini, kebudayaan dapat diartikan
dengan sejumlah perilaku manusia yang berpola sebagai hasil dari suatu
ISSN: 1693-2099
ANTROPOLOGI PAPUA, Vol. 2 No. 4, Agustus 2003 44
kegiatan (munara-wor). Kebudayaan juga adalah keseluruhan gagasan, ide,
kepercayaan dan pengetahuan manusia dalam suatu masyarakat. Karena itu,
perilaku budaya pada dasarnya ditentukan oleh segi kognisi atau pengetahuan
dan pengalaman manusia dalam suatu masyarakat. Karena itu, perilaku budaya
pada dasarnya ditentukan oleh segi kognisi atau pengetahuan dan pengalaman
manusia. Setiap kebudayaan mengandung berbagai kategori perilaku yang
digunakan manusia untuk memilah-milah dan menggolong-golongkan
pengalaman (Spradley, 1972 : 3 – 8 ). Sehubungan dengan itu, penulis akan
mencoba mengemukakan wor atau pesta sebagai fokus dalam kebudayaan Biak.
Untuk itu, analisis Van Gennep tentang ritus peralihan dan upacara pengukuhan
dapat digunakan sebagai model arahan dalam diskusi ini.
Van Gennep berpendirian bahwa ritus dan upacara religi secara universal dan
pada dasarnya berfungsi sebagai aktivitas untuk merekonstruksikan kembalai
semangat kehidupan sosial antar warga masyarakat”. Untuk seterusnya Van
Gennep mengemukan bahwa kehidupan sosial dalam tiap masyarakat di dunia
secara berulang, dengan interval waktu tertentu, memerlukan “regenerasi” yaitu
semangat kehidupan sosial seperti ritus dan upacara religi (Van Gennep) dalam
Koetjaraninggrat, 1980 : 74-77).
Menrut pengetahuan emik penulis bahwa bila diteliti secara mendalam tentang
rusaknya tatanan atau struktur sosial orang Biak yang terpaket dalam upacara
adat (munara/wor), karena telah dirusak oleh pranata lain. Diduga semangat
membangun dalam kebudayaan Biak menjadi rusak dan renggang oleh karena
beberapa sistem pranata adat Biak diputuskan secara sepihak oleh intervensi
kebudayaan luar sehingga dinamika kehidupan sosial orang Biak tak berdaya
lagi. Oleh karena wor sebagai pranata dan sekaligus menjadi dinamisator atas
prestasi maksimal bagi seseorang, keluarga, kelompok keret atau etnis Biak
sengaja diputuskan maka dinamika hidup orang Biak telah berada di ambang
kepunahan (Kamma, 1981, 1982; Kapissa, 1994; Rumbrawer, 1995). Lihat
struktur struktur Wor sebagai berikut
ISSN: 1693-2099
ANTROPOLOGI PAPUA, Vol. 2 No. 4, Agustus 2003 45
Vave Manseren
(Prestige
Prestasi)
‘Vave Snonkaku’
Munara
(Pesta Akbar)
‘Wor Veyeren’
Sejumlah Pesta Inisiasi Kecil ‘Wor Sraw’
Pemberian Makanan ‘Fanfan Kadaren
KERJA MAKSIMAL‘FARARUR KIR’
5. Hakekat dan Makna Wor Biak
Sebagai mana telah disinggung sepintas pada awal diskusi kita di atas, bahwa
hakekat wor atau pesta Biak adalah pusat kehidupan suku bangsa Biak (culture
core). Mengapa pernyataan hipotesis ini cenderung diabsahkan. Oleh karena jika
kita diskusikan secara mendalam tentang wor maka akan kita jumpai hakekat
dan arti makna hidup seutuhnya dalam terselenggaranya upacara ritual Biak.
Dalam filsafat ekonomi orang Biak telah ditegaskan bahwa “ Nko wor va ido, na
nko mar” (Kami akan mati, jika kami tidak bernyanyi). Orang Biak dahulu, telah
menyadari bahwa lagu dan pesta adalah aset kehidupan. Jika melaksanakan
upacara wor akan mendatangkan rejeki dan berkah bagi keluarga dan
masyarakat sekitar. Pernyataan seperti ini telah dinyatakan dalam tema dan syair
lagu beberapa wor Biak kurang lebih dinyatakan sebagai berikut: Ada lagu ada
kehidupan (wor isya kenm isya); ada kehidupan ada makanan (kenm isya anan
isya); ada makanan ada nilai (anan isya vave snonsnon / maseren isya); dan
dapat diakhiri dengan: ada nilai ada pesta inisiasi (vave sno manseren isya
munara isya), dan ada persta akbar ada seberkas kasih dan persatuan klen atau
kampung (munara isya vave oser er mnu isya kako).
ISSN: 1693-2099
ANTROPOLOGI PAPUA, Vol. 2 No. 4, Agustus 2003 46
6. Penutup
Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kebudayaan inti atau fokus
kebudayaan orang Biak sesungguhnya adalah pelaksanaan wor. Jika wor tidak
dilaksanakan berarti semua sistem kehidupan dan aktivitas hidup orang Biak
akan menjadi lumpuh total, tidak akan bergairah lagi dan akhirnya totalitas
kebudayaan Biak akan punah.
Makna tersirat dalam diskusi ini adalah bahwa akibat dari intervensi
kebudayaan-kebudayaan dominan dan adanya larangan untuk membatasi
berbagai upacara ritual wor Biak, maka fokus dan dinamika kebudayaan Biak
pun punah. Hilanglah makna upacara yang mempertebal perasaan kolektif dan
integrasi sosial orang Biak sebagaimana pernyataan ilmiah yang telah
dinyatakan oleh Durkheim (1912); Radcliffe Brown (1992) dan Van Gennep
(1909).
DAFTAR PUSTAKA
Koentjaraningrat. 1986. Pengantar Ilmu Antropologi, Jakarta, Penerbit
Jambatan.
------------------. 1987. Beberapa Pokok Antropologi Sosial. Jakarta, Penerbit
Jambatan.
-------------------. 1984. Sejarah Teori Antropologi Jilid I. Jakarta. Penerbit
Gramedia.
Spradley, James P. 1972. Culture and Cognition: Rules, Maps, and Plans.
London. Chandler Pubhising Company.
Kamma. 1982. Ajaib Di Mata Kita. Jakarta.

No comments: