Friday 12 November 2010

Cerita Seputar Si Amplop Merah - Ang Pauw

Cerita Seputar Si Amplop Merah - Ang Pauw


Konon cerita dulu kala nenek moyang orang Tionghwa di desa Chang-Chieu pada jaman kekaesaran dinasti (the Sung Dynasty in China) terjadi musibah-pagebluk, malapetaka penebar maut dari barisan lelembut yang tak terbilang banyaknya (terrorized by a huge demon). Tak seorangpun dapat mengalahkannya termasuk para pendekar sakti dari kerajaan kaesar. No one was capable of defeating it, not even their greatest warriors or statesmen.

Tersebutlah di desa Chang Chieu itu ada seorang anak lelaki yatim-piatu dari panti asuhan, bernama Ang Pauw. Dengan warisan sebuah keris tua tumpul dari leluhurnya (a magical saber inherited from his ancestors). Sebilah keris tembaga tua tumpul berukiran tiga kepala hewan lengkap dari atas badan sampai ekornya. Tiga gambar ukiran di dalam benda tumpul itu adalah burung jetayu (garuda), burung merak dan seekor naga terbang (flying dragon).

Dengan pusaka wasiat itu si Ang Pauw berhasil mengalahkan pagebluk penebar maut, bahkan memusnahkannya segala roh dan pengaruh jahat. Dengan demikian keadaan desa kembali aman.

Desa dan penduduknya selamat. Yang sakit sembuh seketika. Hidup tentram dan aman berkecukupan sandang dan pangan serta papan. Karena semua malapetaka, pagebluk, sakit-penyakit telah lenyap.

Orang-orang dan tetuanya berbondong-bondong menyatakan terima kasih dan memberi kepingan uang logam yang dibungkus dengan secarik kain dengan torehan warna jingga (merah) kepada anak lelaki yatim-piatu Ang Pauw. Yang mana sampai sekarang dikenal orang dengan nama sebutan "Si Amplop Merah - Ang Pauw" sebuah ucapan syukur dan terima kasih atas keselamatan dan perlindungan Thian (Tuhan). Tradisi sampai kini setiap tahunnya orang-orang saling memberi dan menerima hadiah ‘Ang Pauw-Amplop Merah'. Di dalam memberi ada kedamaian, kebahagiaan dan suka-cita.

Sumber Cerita Rakyat Tionghwa - Unknown.

Source:
http://www.kabarindonesia.com/berita.php?pil=12&jd=Cerita+Seputar+Si+Amplop+Merah+-+Ang+Pauw&dn=20080207145845

No comments: