Monday 13 December 2010

Prof Miriam Budiardjo (1923-2007) : Guru Besar Para Pakar Politik

Prof Miriam Budiardjo (1923-2007) : Guru Besar Para Pakar Politik



Guru besar ilmu politik yang ikut mendirikan FISIP UI (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia), dan mantan anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia, Prof Miriam Budiardjo, meninggal dunia dalam usia 83 tahun, Senin 8 Januari 2007 sekitar pukul 14.10. Miriam kelahiran Kediri, Jawa Timur, 20 November 1923, itu meninggal di Rumah Sakit Medistra, Jakarta, akibat menderita komplikasi pernapasan dan gagal ginjal.



Sejak 1 November 2006, perempuan diplomat pertama yang pernah bertugas di New Delhi, India, dan Washington DC, Amerika Serikat (AS), itu sempat beberapa kali dirawat inap di RSCM dan RS Medistra. Jenazah disemayamkan di Jalan Proklamasi No 37, Jakarta.



Dimakamkan Selasa 9 Januari 2007 pukul 10.00 di TPU Giritama, Desa Tonjong, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Miriam, meninggalkan seorang putri, Gitayana Prasodjo dan dua cucu. Suaminya, Ali Budiardjo (mantan Sekretaris Jenderal Departemen Pertahanan), berpulang tahun 1999.



Pakar politik ini pernah menjabat Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UI tahun 1974 -1979. Penulis buku Pengantar Ilmu Politik, yang menjadi buku wajib mahasiswa politik, itu dikenal sebagai seorang dosen yang cantik berkacamata, berpakaian rapi, dan bersuara lunak tetapi tegas, tetapi tetap bersahaja. Penampilannya yang tegas dan bersahaja itu membuat mahasiswa dan rekan kerjanya menjadi segan dan menghormatinya. Ibu Mir juga dikenal sebagai peminat fotografi dengan hasil-hasil jepretan yang cukup istimewa.



Sampai menjelang akhir hyatnya dia masih sibuk dengan dunia akademis. Terakhir sedang mengerjakan revisi buku Dasar-dasar Ilmu Politik yang telah 20 kali lebih dicetak ulang. Menurut putri tunggalnya, Gitayana, sebenarnya revisi sudah hampir selesai. Selain itu, menurut Gitayana, Ibu Mir juga sedang menyelesaikan kata pengantar buku klasik lainnya, Kuasa dan Wibawa.



Ibu Mir menghabiskan sebagian besar waktunya di sebuah ruangan kerja berjendela geser yang terbuka menghadap ruang makan rumahnya di Jalan Proklamasi No 37, Jakarta Pusat. Di situlah dia selama puluhan tahun, pagi, siang, dan malam membaca dan menulis, jika tak punya acara di luar.

Ibu Mir, juga ikut aktif dalam perjuangan kemerdekaan yang dekat dengan kelompok "pemuda Sjahrir" yang belakangan mendirikan Partai Sosialis Indonesia. Ia antara lain menjadi Sekretariat Delegasi Indonesia dalam Perundingan Renville (1947-1948).

Sebentar dia berkarier sebagai diplomat, bertugas di New Delhi, India, dan Washington DC, Amerika Serikat (AS). Dia perempuan diplomat pertama di Indonesia. Kemudian, alumni program S-2 di Georgetown University, Washington DC, AS, itu memilih berkecimpung di dunia pendidikan dan keilmuan. Dia sempat mengikuti program S-3 di Harvard University, Cambridge, AS, namun tak sampaih diselesaikannya. Namun pada tahun 1990-an, dia dianugerahi gelar doctor honoris causa oleh almamaternya, FISIP UI.

Dia penulis buku klasik Pengantar Ilmu Politik dan Dasar-dasar Ilmu Politik yang menjadi buku wajib di semua FISIP di Indonesia. Karya penting Ibu Mir lainnya adalah buku berjudul The Provisional Parliament in Indonesia yang diterbitkan tahun 1956.

Bersama rekan-reknnya, antara lain Sujono Hadinoto, Selo Soemardjan, Sulaiman Sumardi, Ibu TO Ihromi, dan G Pringgodigdo, Ibu Mir mendirikan Fakultas Ilmu-ilmu Sosial (FIS) Universitas Indonesia. Dia menjadi dekan dua periode tahun 1974-1979 menggantikan Selo Soemardjan.

Dia telah menjadi guru bagi banyak pakar politik di Indonesia, di antaranya Juwono Sudarsono, Arbi Sanit, Maswadi Rauf, dan Isbodroini Suyanto.

Sebagai pengamat ilmu politik, Ibu Mir sering mengoreksi kekuasaan dengan cara yang sopan namun tetap kritis. Salah satu yang bersejarah adalah ketika bersama Rektor UI Prof Dr dr Asman Boedisantoso dan rekan-rekan Rektorat UI menemui Presiden Soeharto di Jalan Cendana tanggal 16 Mei 1998. Ketika itu dalam situasi politik telah panas, menyampaikan hasil Simposium Kepedulian UI terhadap Tatanan Masa Depan Indonesia. Berhubung Ibu Mir sudah sangat senior, dialah yang membacakan hasil simposium itu di hadapan Pak Harto. Intinya, mereka menyarankan agar Pak Harto dengan sukarela lengser ing keprabon.

Butir pertama yang dibacakan Ibu Mir berbunyi, "Menyambut baik kesediaan Bapak (Soeharto) untuk mengundurkan diri dari jabatan presiden...". Namun, kalimat tambahan "mendesak agar dilaksanakan dalam waktu sesingkat-singkatnya" batal da bacakan.

Tak lama setelah itu, Ibu Mir mundur dari berbagai kegiatan politik, termasuk dari jabatan Wakil Ketua Komnas HAM yang dijabatnya sejak tahun 1994. Memilih melanjutkan pengabdian dari ruangan kerja berjendela geser yang terbuka menghadap ruang makan itu.

Keberhasilan Ibu Mir dalam karirnya tak terlepas dari dorongan orang tuanya, Saleh Mangundiningrat dan Isnadikin Citrokusumo. Bersama saudara-saudaranya didorong untuk mengejar pendidikan setinggi-tingginya. Mereka pun berhasil menjadi putera-puteri bangsa yang berguna. Kakaknya, Soedjatmoko, merupakan salah seorang pemikir Indonesia modern. Adiknya, Nugroho Wisnumurti, pernah menjadi Duta Besar RI untuk PBB dan kakak perempuannya, Siti Wahyunah (Poppy), menikah dengan Sutan Sjahrir.


Miriam menerima Bintang Mahaputra Utama tahun 1998 dan Doktor Kehormatan Ilmu Politik dari UI (1997) dan menerima Bintang Jasa Utama Pengabdian kepada Republik Indonesia selama Masa Perjuangan Kemerdekaan (1995).



Nama:
Prof Miriam Budiardjo
Lahir:
Kediri, Jawa Timur, 20 November 1923
Meninggal:
Kediri, Senin 8 Januari 2007
Suami:
Ali Budiardjo (Alm 1999)
Anak:
Gitayana Prasodjo
Menantu:
Imam Prasodjo
Orangtua:
Saleh Mangundiningrat dan Isnadikin Citrokusumo
Saudara:
- Soedjatmoko
- Nugroho Wisnumurti
- Siti Wahyunah (Poppy), menikah dengan Sutan Sjahrir

Pendidikan:
- Program S-2 di Georgetown University, Washington DC, AS
- Program S-3 di Harvard University, Cambridge, AS, namun tak sampaih diselesaikannya
- Doctor honoris causa dari, FISIP UI, 1990

Karir:
- Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UI tahun 1974 -1979
- Perempuan diplomat pertama yang pernah bertugas di New Delhi, India, dan Washington DC, Amerika Serikat (AS)

Karya Tulis:
- Pengantar Ilmu Politik
- Dasar-dasar Ilmu Politik

Penghargaan:
- Bintang Mahaputra Utama tahun 1998
- Doktor Kehormatan Ilmu Politik dari UI (1997)
- Bintang Jasa Utama Pengabdian kepada Republik Indonesia selama Masa Perjuangan Kemerdekaan (1995)

Alamat Rumah Keluarga:
Jalan Proklamasi No 37, Jakarta

No comments: