Sunday 20 February 2011

Tanggung Lumpur Lapindo, Pemerintah Siapkan Dana Rp 1,3 Triliun

Tanggung Lumpur Lapindo, Pemerintah Siapkan Dana Rp 1,3 Triliun

Senin, 23/08/2010 12:27 WIB Tanggung Lumpur Lapindo, Pemerintah Siapkan Dana Rp 1,3 Triliun
Ramdhania El Hida – detikFinance

Jakarta – Pemerintah masih akan menggelontorkan dana sebesar Rp 1,3 triliun untuk menanggulangi bencana Lumpur Sidoarjo pada tahun 2011.

Dalam nota keuangan dan RAPBN 2011 yang dikutip Senin (23/8/2010), Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) direncanakan mendapat alokasi anggaran sebesar Rp 1,3 juta triliun.

Jumlah ini secara nominal meningkat sebesar Rp 70 miliar atau 5,8% bila dibandingkan dengan pagu alokasi anggaran belanja BPLS dengan Pagu alokasi anggaran belanja BPLS dalam APBN-P tahun 2010 sebesar Rp 1,2 triliun.

Rencana alokasi anggaran belanja tersebut ditujukan untuk melaksanakan 2 program, yaitu program penanggulangan bencana lumpur Sidoarjo, dengan alokasi anggaran sebesar Rp 1,3 triliun serta program dukungan manajemen, dan pelaksanaan tugas teknis lain dengan alokasi anggaran sebesar Rp 22,8 miliar.

Dengan adanya alokasi anggaran untuk kedua program tersebut, diharapkan terlaksananya pembayaran jual beli tanah dan pembangunan di luar peta area terdampak seluas 61 ha, terlaksananya penanganan pengaliran luapan lumpur melalui operasi 6 unit kapal keruk untuk mengalirkan 32,4 juta meter kubik lumpur, terlaksananya pembangunan relokasi jalan arteri sebanyak 4 paket dan simpang simpang susun Kesambi 1 paket.

Pemerintah berharap dengan terlaksananya pembangunan tersebut maka perlindungan sosial terhadap warga bisa terlaksana, terpenuhinya rasa aman masyarakat di sekitar semburan lumpur dan menyediakan infrastruktur untuk percepatan pemulihan kehidupan sosial ekonomi masyarakat Jawa Timur, serta terlaksananya penanggulangan bencana di Indonesia secara terpadu, terkoordinasi, dan menyeluruh.

No comments: