Sunday 5 December 2010

PIDATO KENEGARAAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA DJENDERAL SOEHARTO DIDEPAN SIDANG DPR-GR 16 AGUSTUS 1971

PIDATO KENEGARAAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA DJENDERAL SOEHARTO DIDEPAN SIDANG DPR-GR 16 AGUSTUS 1971

REPUBLIK INDONESIA



Presiden Soeharto :
………..djangan kita silau dengan kemenangan-ke- menangan dan djangan pula risau dengan kekalahan-kekalahan.
Nasib Rakjat djauh lebih penting daripada menggun-djingkan terus menerus hasil Pemilihan Umum itu. Bekerdja keras djauh lebih berguna daripada me- ngutik-ngutik hasil Pemilihan Umum jang sjah itu. Dan marilah kita dengan gembira berkata; jang me- nang dalam Pemilihan Umum ini sebenarnja seluruh Rakjat, jang menang adalah kita semuanja, jang menang adalah semangat demokrasi".
Presiden Republik Indonesia Djenderal Soeharto

PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA
Saudara Ketua, Para Wakil dan para Anggota DPR-GR jang saja hormati;
Apabila saat ini saja berbitjara dari mimbar ini pada pembu-kaan sidang DPR-GR, maka adalah jang ke-6 kalinja saja me-laporkan perkembangan keadaan Negara kita selama satu tahun jang telah dilampaui. Seperti halnja pada tahun-tahun jang lalu saja djuga ingin menggunakan kesempatan ini untuk berbitjara langsung dengan seluruh Rakjat Indonesia.
Saudara-saudara se-Bangsa dan se-Tanah Air;
Besok pagi kita akan memperingati hari ulang tahun Kemer-dekaan kita; usia Negara Republik Indonesia akan genap 26 tahun. Setiap peringatan 17 Agustus” kita gunakan untuk membuat neratja perdjoangan: melihat posisi kita sekarang, menilai kemadjuan dan kemunduran setahun jang lewat. Kemu-dian kita melihat kemuka; dan menjusun program untuk mem-bentuk masa depan jang harus lebih baik dari masa kini.
Sekarang kita berada ditengah-tengah tahun 1971.
Tahun ini mempunjai arti jang penting, karena dua hal.
P e r t a m a : Dalam tahun ini — dengan tidak terasa — Orde Baru berusia 5 tahun. Dapat kita katakan, tahun ini ada-
5
lah Pantja Warsa Orde Baru. Lima tahun adallah djangka waktu jang tjukup pantas untuk menilai hasil sesuatu perdjoangan. Lebih-lebih bila diingat, bahwa lahirnja Orde Baru berarti kita membuka lembaran baru darfl perdjoangan Bangsa Indonesia.
K e d u a : Dalam tahun ini, untuk kesekian kalinja, Orde Baru telah berhasil melaksanakan tugasnja jang panting; ialah melaksanakan Pemilihan Umum untuk llebih mengembangkan prinsip demokrasi berdasarkan Pantja Sila.
Untuk semuanja itu, kita memandjatkan pudji sjukur jang setinggi-tingginja kehadirat Allah S.W.T.
Pada awal tahun 1969 kita telah dapat mentjiptakan stabilisasi ekonomi dan stabiliisasi politik fang agak lumajan hingga dapat kita mulai melaksanakan Pembangunan Lima Tahun.
Sekarang — dua tahun kemudian —, terbuka tantangan dan kesempatan bagi kita semua untuk mempertjepat djalannja pembangunan itu !
Ja, saja katakan pembangunan harus kita pertjepat karena berbagai alasan pokok; baik karena bimbingan tjita-tjita maupun karena dorongan keadaan, baik karena aspirasi-aspirasi dalam negeri maupun tjita-tjita kita mengenai wadjah dunia fang damai.
Ketika tahun 1945 kita menjatakan Kemerdekaan Indonesia, maka terbaj.ang kehidupan jang serba indah dari. Bangsa ini: terbentuknja Pemerintahan Nasional jang melindungi dan men-datangkan perasaan tenteram bagi segenap Bangsa Indonesia, kesedjahteraan umum jang madju, kehidupan Bangsa jang tjerdas; dan kita ikut membangun dunia jang tertib. Bajangan itulah jang ingin kita djadikan kenjataan. Sekarang, 26 tahun kemudian, bajangan itu makin djelas; dan bentuknja makin tampak. Memang, hasil-hasil itu agak lambat djuga kita tjapai. Seperti pernah saja katakan, sebagian karena keadaan jang belum memungkinkan, dan sebagian lagi karena kekeliruan- kekeliruan kita sendiri dimasa-masa lampau.
Kemadjuan-kemadjuan jang kita rasakan sekarang ini tidak datang dengan sendirinja. Langkah demi langkah kemadjuan
6
jang kita tjapai — walaupun kadang-kadang hanja merupakan langkah-langkah ketjil — adalah berkat kemampuan kita me-luruskan djalan jang kita tempuh, berkat ketabahan hati kita mengatasi kesulitan-kesulitan jang menghadang didepan kita, berkat kekuatan kita dalam menjingkirkan rintangan demi rintangan.
Djalan itu adalah djalan pembangunan.
Saat ini kita telah berada diudjung djalan jang benar; dan tampaknja djalan jang kita tempuh makin lurus dan rata.
Langkah pembangunan harus kita pertjepat sebab Rakjat sudah ingin segera menikmati hasil Kemerdekaan ini; dan ke-butuhan Rakjatpun makin banjak dan makin beraneka ragam.
Langkah-langkah pembangunan ini harus kita pertjepat; sebab apabila tidak, hasil pembangunan itu akan disusul oleh bertambahnja djumlah penduduk, sehingga kemadjuan pemba-ngunan itu akan tidak mempunjai arti sama sekali.
Pembangunan harus dipertjepat, sebab kita djauh tertinggal dari banjak bangsa-bangsa jang lain. Saling hubungan ekonomi jang erat makin mendjadi tjiri jang menondjol dari perekono- mian dunia sekarang. Kita baru akan dapat memanfaatkan hubungan tadi dalam kedudukan jang saling menguntungkan apabilla ada kekuatan ekonomi didalam negeri, sehingga kita- pun — nanti — dapat berbittjara lebih banjak dan tidak ter-gantung pada perkembangan ekonomi dunia. Ini bukan hanja soal kehormatan atau harga diri. Ini adalah djuga soal tanggung djawab dan kewadjiban. Dengan dukungan kekuatan ekonomi didalam negeri, kita akan dapat berbuat lebih banjak dalam ikut mewudjudkan perdamaian dunia, serta dalam meningkatkan kesedjahteraan jang lebih merata didunia kita ini.
Pertanjaan jang kita hadapi adalah : "Mungkinkah kita mempertjepat pelaksanaan pembangunan itu ?"
Djawabnja djelas: Ja! Pasti dapat, asal kita semua berusaha dan mau bekerdja untuk itu. Djawaban ini bukan chajalan tetapi berdasarkan gambaran dan faktor-faktor jang objektif.
7
Dalam lima tahun terachir ini dan chususnja tahun ini ke-adaan kita bertambah baik. Inilah gambaran keadaan kita se-karang :
— stabilisasi politik makin kuat;
keadaan ekonomi makin mantap dan pembangunan terus meluas;
— aparatur Negara Makin tertib dan lebih mampu melaksana-kan tugasnja, baik tugas-tugas rutin maupun tugas-tugas pembangunan;
— kekompakan ABRI makin mendalam dan kemampuannja tetap terpelihara untuk mendjamin keamanan;
— Rakjat makin „gandrung” kepada pembangunan, karena makin merasakan langsung hasil-hasil pembangunan itu;
— kepertjajaan luar negeri makin besar.
Dan ini semua kita tjapai dalam waktu jang relatif singkat; dalam 5 tahun, seumur Orde Baru ini, jang lahir dengan mewa-risi keadaan politik dan ekonomi jang serba katjau dan terbeng-kalai.
Seperti taihun-tahun jang lalu saja tidak mengatakan bahwa keadaan sekarang ini sudah baik. Tetapi jang djelas keadaan sekarang lebih baik dari tahun jang lalu; dam, djauh lebih baik dari keadaan 5 tahun sebelum
Marilah kita teliti lebih mendalam keadaan kita saat
Kekuatan kita jang paling besar dalam menegakkan Orde Baru itu ialah kesetiaan kita kepada Pantja Sila. Ingat, 5 tahun jang lalu kekuatan Rakjat dimana-mama bangkit bersama-sama ABRI untuk menumpas pemberontakan G-30-S/PKI, djustru untuk mempertahankan Pantja Sila ini, karena Rakjat segera tahu, bahwa tudjuan achir pemberontakan ini adalah untuk mengganti Pantja Sila dengan dasar negara jang lain. Dan kita tidak mau Pantja Sila ini diganti dengan dasar negara jang lain. Kemudian kita djuga meruntuhkan Orde Lama, djustru karena terbukti Orde Lama telah menjimpangkan Pantja Sila dari kemurniannja.
8
Tanpa kejakinan kepada Pantja Sila itu tidak mungkin kita menumpas pemberontakan PKI, jang dahulu dikenal sebagai partai politik terkuat dan telah mendekati puntjak-puntjak ke-djajaannja pada achir tahun 1965; dan barangkali kita djuga tidak mungkin meruntuhkan Orde Lama jang telah begitu lama memusatkan kekuasaan negara pada satu tangan.
Ideologi Nasional jang njata-njata didukung dan berakar dalam djiwa Bangsa adalah modal jang paling berharga dan kekuatan jang paling besar terutama pada saat-saat Bangsa itu menghadapi suatu antjaman bahaja. Tetapi ideologi Nasio- nal bukan hanja berguna dalam menghadapi bahaja, melainkan harus tetap merupakan pembimbing kita semua dalam men- tjapai tjita-tjita Nasional. Itulah sebabnja berulang kali saja tegaskan, bahwa ideologi Nasional merupakan bagian jang penting daripada ketahanan Nasional disamping ketahanan di-bidang-bidang politik, ekonomi, sosial dan Hankam.
Ideologi Nasional kita itu sedang kita usahakan diterapkan dalam segala segi kehidupan kita sehari-hari : dalam pemba-ngunan ekonomi, dalam pembangunan politik, dalam kehidupan ketata-negaraan, dalam melaksanakan politik luar negeri dan sebagainja. Ini sudah seharusnja; sebab kita memiliki ideologi Nasional memang untuk dirasakan dalam segala segi kehidupan Bangsa kita, bukan hanja mendjadi sembojan atau pemanis bibir sadja. Dengan menjatakan ini, tidak berarti bahwa seka- rang ini Pantja Sila itu benar-benar telah tertjermin dalam segala segi kehidupan kita. Tetapi jang djelas adalah kita sedang bergerak kearah itu.
Djustru karena Bangsa kita harus dan memang telah me- miliki ideologi Nasional, maka saja tidak djemu-djemu meng-andjurkan agar golongan-golongan dalam masjarakat atau partai-partai politik hendaknja djangan menjempitkan diri dengan ideologi golongannja :sendiri. Kesempitan ideologi go-longan inilah jang sesungguhnja mendjadi sumber peruntjingan-peruntjingan pertentangan pada masa-masa jang lampau, membatasi ruang gerak partai politik itu sendiri dalam mem- bina masjarakat jang membangun.
9
Dengan ideologi Nasional sebagai landaisan kita bersama, kita bangun tata kehidupan Bangsa dan Negara Indonesia Jang tertib dan dinamis.
Pokok-pokok tata tertib itu telah ditegaskan dalam Undang-undang Dasar 1945; ialah azas dan sendi: sistim konstitusionil, demokrasi dan tegaknja hukum.
Azas dan sendi inilah jang kita laksanakan kembali sedjak berdirinja Orde Baru.
Perkembangan selama setahun jang terachir ini menundjuk-kan bahwa pelaksanaan azas dan sendi tadi menundjukkan ke-madjuan-kemadjuan, jang mentjapai salah satu puntjaknja, pada satu setengah bulan jang lalu, dengan telah terlaksananja Pemilihan Umum.
Kota mengutjapkan sjukur alhamdullillah, bahwa pelaksanaan tugas Nasional besar jang berat itu telah selesai dengan tertib dan selamat. Hal ini berarti perdjoangan Orde Baru telah dapat memantjangkan lagi satu tonggak sedjarah jang sangat penting; chususnja dalam usaha kita semua untuk menegakkan kembali demokrasi. Kita selamanja tetap ingat, bahwa tegaknja demo- krasi ini merupakan salah satu sasaran perdjoangan Orde Baru; dan sekarang, sasaran itu telah djuga kita tjapai.
Orde Baru; berusaha mengusahakan terlaksananja kehendak Rakjat, langkah demi langkah, tahap demi tahap, sesuai prio- ritas dan kemampuan.
Sedjak lahirnja Orde Baru, sedjak Sidang Umum ke-empat MPRS, pelaksanaan PEMILU ini merupakan sasaran dan kepu-tusan Orde Baru. Pemerintah sebagaii pelaksana keputusan Rakjat itu telah melaksanakan keinginan Rakjat tadi dengan sebaik-baiknja. Berdasarkan Undang-undang PEMILU jang telah dibahas oleh DPR-GR dan Pemerintah setjara mendalam, melalui musjawarah-musjawarah jang pandjang dan memakan waktu 3 tahun — djelas demokratis dan konstitusionil —, Pemerintah berusaha melaksanakan PEMILU dengan setertib-tertibnja, selantjar-lantjarnja dan dalam batas waktu jang di-tetapkan oleh MPRS.
10
Dalam konsulitasi-konsultasi saja dengan Partai-partai Politik dan Golkar sebagai langkah persiapan PEMILU itu, semua fihak telah membulatkan ketetapan hatinja untuk melaksana-kan PEMILU itu sesuai dengan keputusan Rakjat.
Dalam hubungan ini, saja telah minta kepada Partai-partai Politik dan Golkar dan kepada seluruh Rakjat, agar dalam per-siapan dan, pelaksanaan PEMILU itu tudjuan PEMILU itu sendiri djangan dikorbankan.
Berulang kali saja telah mengadjak; agar dalam berusaha mentjari pengaruh dan suara Rakjat, djanganlah sampai me-ngorbankan Rakjat itu sendiri — karena menjeret saling ber-adunja kekuatan-kekuatan Rakjat itu —, djanganlah sampai mengorbankan kepentingan Rakjat dan djangan pula meng-hambat pelaksanaan pembangunan untuk meningkatkan taraf hidup Rakjat.
Dalam Pemilihan Umum itu pendapat Rakjatlah jang ingin dikemukakan, keinginan Rakjatlah jang ingin disuarakan me-lalui Partai-partai Politik dan Golkar.
Suara Rakjat itu memang telah diberikan pada tanggal 3 Djuli jang lalu.
Pada hari itulah — antara lain — wadjah demokrasi kita menampakkan roman mukanja; sama sekali bukan wadjah jang suram atau tertekan, melainkan berseri-seri penuh harapan. Suasana waktu itu sungguh mengharukan.
Rakjat berbondong-bondong menudju ke TPS-TPS: bukan karena paksaan, melainkan karena kesadaran; bukan hanja jang segar-bugar djasmaninja melainkan djuga jang „djompo”, jang sedang sakit, jang tjatjad djasmaninja, jang sedang be-kerdja dikantor-kantor, jang sedang dalam perdjalanan. Malah-an djuga sebahagian Rakjat ada jang memakai badjunja jang terbagus, seolah-olah hendak pergi ketempat-tempat pesta, atau ketempat-tempat upatjara jang dianggapnja penting.
Memang, didepan kotak-kotak suara itulah salah satu pesta demokrasi jang besar, salah ,satu upatjara menantjapkan tong-gak demokrasi jang penting !
11
Sekali 1agi, saat-saat memasukkan kartu suara itulah salah satu wudjud demokrasi. Dihadapan kotak-kotak suara itu ke-dudukan semua warganegara adalah lama: kaum intelektuil maupun orang awam, pembesar maupun Rakjat „biasa”, orang kaja maupun orang jang kurang mampu, kaum tua maupun orang muda, laki-laki maupun wanita. Pada saat itu tidak ada satu kekuatan apapun jang dapat memaksa orang menentukan pilihannja, ketjuali keinginan pemilih sendiri.
Disini terpantjar peladjaran moral jang tinggi nilainja. Pada saat-saat pungutan suara itu pemimpin-pemimpin Pemerintah-an dan pemimpin-pemimpin Rakjat sadar, bahwa kepemimpinan mereka sesungguhnja atas dasar kepertjajaan atau mandat dari Rakjat itu.
Ja, disinilah Rakjat jang berbitjara; Rakjat jang memang berdaulat!
Dan dibilik-bilik kotak pungutan suara itu azas-azas Pemilih- an Umum jang bebas, dan rahasia benar-benar telah dilaksana-kan.
Sekarang, kita telah mengetahui hasil Pemilihan Umum itu. Apabila kita harus berbitjara soal kalah atau menang, maka tentu sadja dalam setiap Pemilihan Umum ada fihak-fihak jang menang dan jang kalah: mustahil semua fihak harus menang atau semua fihak akan kalah.
Orang boleh merasa puas atau tidak puas dengan hasil Pe-milihan Umum jang baru lalu itu. Tetapi tidak satu orangpun, tidak satu golonganpun, djuga tidak Pemerintah, jang mempu- njai wenang sjah untuk tidak mengakui putusan Rakjat pada tanggal 3 Djuli 1971 itu! Kepada fihak jang menang kita se- muanja mengutjapkan selamat. Kemenangan ini bukan berarti mengalahkan fihak lain; akan tetapi lebih berarti kepertjajaan daripada Rakjat dan tanggung djawab untuk memimpin pem-bangunan masa depan.
Tetapi, pembangunan Bangsa bukan hanja tanggung djawab salah satu golongan dalam masjarakat. Pembangunan Bangsa selamanja merupakan tanggung djawab dan hak seluruh Bang-
12
sa kita tanpa ketjuali. Beberapa waktu jang lalu saja pernah menegaskan, bahwa dalam Pemilihan Umum itu siapa jang me-nang belum merupakan soal jang penting. Jang paling penting adalah, bahwa dari hasil Pemilihan Umum ini Pantja Sila. dan Undang-undang Dasar 1945 dipertahankan dan dilaksanakan, demokrasi makin kita tegakkan, hidup rukun dan serasi dalam masjarakat kita perkuat, dan pembangunan kita perhebat.
Sebab itu, dalam setiap Pemilihan Umum — jang sekarang maupun selandjutnja nanti — djangan kita silau dengan keme-nangan-kemenangan dan djangan pula risau dengan kekalahan-kekalahan.
Nasib Rakjat djauh lebih penting daripada menggundjingkan terus-menerus hasil Pemilihan Umum itu. Bekerdja keras dja-uh lebih berguna daripada mengutik-utik hasil Pemilihan Umum jang sjah itu.
Dan marilah kita dengan gembira berkata: jang menang da-lam Pemilihan Umum ini sebenarnja seluruh Rakjat, jang me-nang adalah kita semuanja, jang menang adalah semangat de-mokrasi !
Sebab itu, saja ingin mengutjapkan selamat kepada seluruh Rakjat Indonesia. Pelaksanaan Pemilihan Umum jang baru lalu itu menundjukkan, bahwa Rakjat telah menghajati demo- krasi; bukan hanja kulitnja sadja tetapi djiwanja demokrasi itu. Mari kita ingat kembali suasana beberapa bulan jang lalu. Be-tapapun hebat kampanje dilakukan, betapapun keras suara di-kumandangkan; tetapi hari „3 Djuli” tetap merupakan hari jang tenang, barangkali paling tenang selama ini. Malahan ada surat kabar jang mentjetak dengan huruf-huruf besar „Pemilu jang paling tenang didunia”. Dan memang itulah kenjataannja.
Ini membuktikan bahwa kesadaran politik Rakjat makin de-wasa dan Rakjat memang bersikap tertib. Kesadaran inipun tampak dari djumlah Rakjat jang telah memberikan suaranja. Dalam tahun ini 90% Rakjat jang berhak memilih telah mem-berikan suaranja; lebih besar daripada Pemilihan Umum tahun 1955 jang hanja mentjapai 80% sadja. Djumlah inipun djauh
13
lebih tinggi dari negara-negara lain jang dikatakan mempunjai tradisi demokrasi jang lebih lama.
Ketertiban isuasana Pemilihan Umum itu disamping berkat kesadaran Rakjat pemilih, djuga berkat perentjanaan jang ma-tang, ketekunan bekerdja :dan rasa tanggung djawab jang besar daripada badan-badan penjelenggara Pemilihan Umum dan se-mua aparatur Negara. Dalam kesempatan saja djuga me-njampaikan penghargaan jang tinggi dan terima kasih jang sebesar-besarnja kepada Lembaga Pemilihan Umum Indonesia ditingkat atas sampai kepada petugas-petugas Kantor Pemu-ngutan Suara dibawah; kepada semua aparatur Pemerintahan dan kepada seluruh slagorde Angkatan Bersendjata Republik Indonesia.
Kepada seluruh Rakjat saja serukan terus bersatu padu. Dja-ngan lagi dilsoalkan apakah tetangga-tetangga kita, teman- teman kita, bawahan kita atau atasan kita, memilih „tanda gam-bar” jang berbeda-beda. Memilih dalam Pemilihan Umum ada- lah kesadaran dan hak demokrasi. Bersatu padu adalah kesa-daran kita sebagai Bangsa jang ingin madju bersama-sama, bekerdja dalam pembangunan adalah kewadjiban kita dan me-nikmati hasil pembangunan adalah hak kita semuanja.
Kepada pemimpin-pemimpin Rakjat saja adjak untuk melak-sanakan adjaran bidjaksana jang sering kita dengar. Menang dalam Pemilihan Umum adalah tjita-tjita dan usaha politikus. Tetapi menang dalam melaksanakan pembangunan Bangsa ada-lah tjita-tjita dan usaha negarawan.
Kemenangan dalam pembangunan inilah jang harus kita tja- pai bersama, tanpa ketjuali.
Sekarang Pemilihan Umum telah usai. Marilah kita landjut- kan bekerdja agar pembangunan tidak terbengkalai.
Dengan hasil Pemilihan Umum itu kits akan dapat memba-ngun kehidupan demokratis dalam rangka pembangunan poli- tik berdasarkan Undang-undang Dasar 1945 dan Pantja Sila.
Dengan hasil Pemilihan Umum itu pula kita akan berkesem-patan untuk memantapkan kestabilan politik dan ekonomi, membina ketertiban dan keamanan dalam masjarakat sebagai
14
landasan usaha menggiatkan pelaksanaan pembangunan dalam bidang ekonomi dan kesedjahteraan Rakjat.
Saudara-saudara se-Bangsa dan se-Tanah Air;
Ditengah-tengah kesibukan Bangsa mempersiapkan dan me-laksanakan PEMILU, jang ternjata telah menghasilkan prestasi Bangsa jang besar, usaha-usaha dan kegiatan-kegiatan kita di-bidang ekonomi dan pembangunan djuga mentjapai sukses-sukses dan kemadjuan-kemadjuan jang mejakinkan.
Pemilihan Umum ternjata tidak mengganggu kestabilan eko-nomi dan pembangunan; malahan keadaan ekonomi makin sta-bil dan mantap serta pelaksanaan pembangunan berdjalan me-nurut rentjana dan menaikkan tingkat produksi.
Kemadjuan-kemadjuan dan hasil-hasil itu dalam garis be-sarnja .dapat dikemukakan sebagai berikut:
Pertama-tama mengenai stabilitas ekonomi.
Dalam masalah ini, Bangsa Indonesia dapat dengan bangga menjatakan bahwa pada bulan Djuli tahun 1971 ini gedjala in-flasi sudah tidak tampak lagi di Indonesia.
Dalam semester pertama tahun 1971 ini tingkat perkembang-an harga adalah 0%! Artinja harga-harga 62 matjam barang
— jang dipakai untuk mengukur ladju inflasi itu — pada achir bulan Djuni tahun ini adalah sama .dengan harga-harga pada achir Desember tahun jang lalu, sedangkan pada permulaan bulan Agustus gedjala tersebut masih tetap.
Sungguh ini suatu kemadjuan besar, walaupun sama sekali bukan keadjaiban.
Prestasi ini mempunjai arti jang lebih mejakinkan apabila kita ingat bahwa dalam semester itu kita melampaui:
— masa-masa patjeklik — jang memang musiman —;
— melalui masa pelaksanaan Pemilihan Umum jang diselu-
bungi oleh berbagai ketegangan dan desas desus;
— dan dalam suasana terus bergeraknja roda-roda pemba-ngunan, jang berarti mengalirnja uang kemasjarakat dalam djumlah jang sangat besar pula.
15
Kemantapan ekonomi ini makin djelas dapat kita lihat dari serangkaian kenjataan berikut: nilai rupiah terhadap valuta asing tetap bertahan tidak berubah, meskipun djumlah uang jang beredar makin besar. Deposito berdjangka masih terus bertambah sedangkan kredit perbankan naik, ekspor dan im- por naik, jang berarti produksi ekspor naik dan memungkin- kan produksi industri dan lain-lain meningkat.
Dengan prestasi jang demikian itu, bertambah tebal keja- kinan kita bahwa djalan jang ditempuh selama ini dibidang ekonomi telah berada pada arah jang benar. Prestasi iitu meru-pakan hasil daripada penggarisan kebidjaksanaan jang menje-luruh jang meliputi bidang-bidang: Anggaran Pendapatan dan Belandja Negara — terutama dengan anggaran seimbang —; perpadjakan dan penjesuaian-penjesuaiian tarif serta intensifi-kasi dan penjempurnaan pemungutannja dan sebagainja; per-kreditan dengan pengaturan kredit dan suku bunga jang selek- tif isesuai dengan prioritas; penjediaan dan penjaluran bahan-bahan pokok dan bahan-bahan baku jang tjukup dan terkon- trol; penjederhanaan dan pelantjaran prosedur ekspor dan im- por dan lalu-lintas barang didalam negeri pada umumnja jang dilaksanakan setjara konsekwen.
Malahan — dalam usaha memperkuat stabilisasi ekonomi itu — Presiden sendiri setjara langsung mengamati setiap per-kembangan ekonomi dan segera mengambil keputusan-keputus-an jang penting dalam Sidang-sidang Dewan Stabilisasi Ekono-mi, jang diadakan dalam setiap minggu. Ini berarti bahwa perkembangan keadaan ekonomi dalam setiap minggu diikuti setjara teliti. Ja, terus terang saja katakan, bahwa apabila harga beras naik atau turun sedikit sadja dari harga tertinggi atau harga terendah jang telah dlitentukan, keadaan jang demi-kian telah dapat membuat Sidang mendjadi „geger”. Dengan ini saja ingin mejakinkan Rakjat bahwa Pemerintah dengan penuh kesungguhan dan dengan segala kemampuannja berusaha untuk terus memperbaiki keadaan ekonomi, mentjiptakan ke-adaan ekonomi jang stabill, dan mantap jang mendorong usaha pembangunan.
16
Saudara-saudara sekalian;
Prestasi dibidang ekonomi ini djelas bukan semata-mata ha- sil kerdja Pemerintah sendiri. Saja — atas nama Pemerintah — djustru menjampaikan terima kasih dan menjampaikan utjapan selamat kepada Rakjat Indonesia; sebab, tanpa pengertian Rak- jat, tanpa bantuan Rakjat, tanpa tjutjuran keringat Rakjat, prestasi itu tidak akan tertjapai.
Hanja Rakjat jang pertjaja kepada kemampuannja sendiri akan dapat membangun masa depannja. Dan Pemerintah ber-usaha mengembalikan kepertjajaan Rakjat kepada kemampuan-nja sendiri tadi; bukan dengan „indoktrinasi”, melainkan dengan membimbing mentjapai kemadjuan demi kemadjuan.
Kepertjajaan masjarakat itu memang makin bertambah besar.
Kemantapan harga-harga djuga tidak hanja berarti memberi-kan ketenangan hati Rakjat banjak, tetapi djuga telah meng-gerakkan mobillisasi modal jang kita perlukan untuk biaja pem-bangunan. Masjarakat jang mempunjai modal, tidak lagi men-tjari-tjari djalan spekulasi untuk menjalurkan uangnja, melainkan dapat disalurkan setjara positif pada usaha-usaha jang produktif atau mendepositokan di Bank-bank. Saja djuga tahu, bahwa mereka jang berpenghasilan sedikit lebih — walau-pun bukan „orang kaja raja” — banjak djuga jang memasukkan uangnja di Bank-bank dalam deposito berdjangka ini. Gedjala ini mempunjai arti jang penting baik ekonomis maupun kema-djuan sikap mental. Arti ekonomis — seperti saja katakan tadi —, berarti terkumpulnja dana-dana dari masjarakat sendiri. Kemadjuan sikap mental, artinja bangkitnja kesadaran dan gairah menabung, jang tentu djuga mendorong sikap hemat, tidak menghamburkan uang ,untuk tudjuan jang kurang perlu.
Pemerintah akan terus mendorong kemauan dan kemampuan menabung dari masjarakat. Untuk itu dalam bukan Agustus ini djuga Pemerintah mulai melantjarkan gerakan Tabungan
17
Pembangunan Nasional dan Tabungan Asuransi Berdjangka jang dilaksanakan oleh Bank-bank Pemerintah maupun Bank-bank Swasta. Saja adjak seluruh masjarakat untuk ikut serta dalam gerakan menabung; saja serukan kepada para orang tua dan guru-guru untuk djuga mendidik anak-anak sekolah meng-ikuti gerakan ini. Gerakan menabung bukan hanja gerakan „musim-musiman” seperti masa-masa lampau; melainkan mu-dah-mudahan dapat mendjadi kebiasaan hidup kita selama kita ingin. terus membangun. Sungguh, kebiasaan berhemat dan menabung adalah sikap hidup manusia pembangunan !
Sidang DPR-GR jang terhormat;
Peningkatan pembangunan memerlukan devisa dalam djum-lah jang besar untuk mendatangkan barang-barang modal dan bahan baku dari luar negerl jang belum dapat kita hasilkan sendiri. Untuk itu kegiatan ekspor dan impor memegang peranan jang panting.
Perkembangan dibidang ekspor dan impor dalam tahun kedua REPELITA adalah sebagai berikut.
Nilai ekspor kita mentjapai 1 miljar 214 djuta dollar; ini berarti naik hampir 17% djika dibanding dengan tahun pertama REPELITA.
Seluruh impor mentjapai 1 miljar 207 djuta dollar; jang berarti naik dengan lebih dari 12% dibanding dengan tahun sebelumnja. Komposisi impor ini djuga menundjukkan per-baikan-perbaikan: impor bahan baku dan barang modal djauh diatas impor bahan-bahan konsumsi; dan prosentase impor bahan baku dan barang modal itupun lebih tinggi lagi djika dibanding dengan tahun sebelumnja.
Gambaran dibidang ekspor dan impor ini menundjukkan bah-wa ekonomi kita tetap tumbuh dengan baik. Produksi dan industri kita djelas berkembang, baik dlihat dari nailknja nilai ekspor maupun dari naiknja impor bahan baku dan barang modal tadi, Namun, kenjataan ini tidak boleh membuat kita
18
lengah. Sebab, perkembangan harga dunia dari barang ekspor jang kita punjai tidak selalu menundjukkan gambaran jang menguntungkan.
Saudara Ketua jang terhormat;
Keadaan jang makin mantap dibidang keuangan dan moneter, kemantapan harga-harga dan lain-lain perbaikan keadaan eko-nomi tadi, tentu tidak ada artinja apabila tidak disertai dengan naiknja produksi dalam negeri dan berkembangnja industri pada umumnja. Dan bagaimana kenjataannja? Produksi kita memang telah naik dan industri djuga meluas.
Dalam tahun kedua REPELITA (1970/1971) produksi beras mentjapai 11,9 djuta ton; jang berarti sasaran jang ditetap- kan dapat kita lampaui.
Kenjataan ini membesarkan hati. Dengan meneruskan usaha-usaha jang sekarang, Insja Allah, kita benar-benar dapat ber-swasembada pangan pada achir REPELITA jang pertama ini.
Angka-angka kenaikan produksi beras tadi sebenarnja sudah „berbitjara sendiri” mengenai hasil pembangunan dibidang per-tanian jang mendjadi pusat penggerak dan sasaran utama RE-PELITA jang sekarang. Tetapi, dibelakang angka-angka itu telah bergerak kegiatan jang djauh lebih luas serta memberi- kan harapan untuk dapat menghimpun kekuatan jang lebih besar, jang akan menggerakkan pembangunan dimasa depan dengan lebih tjepat.
Seperti kita ketahui, untuk meningkatkan produksi padi, Pe-merintah telah melantjarkan program Bimas dan Inmas dibi- dang pertanian setjara besar-besaran melailui Pantja Usaha, jang meliputi: penggunaan bibit unggul, pengairan jang baik, penggunaan pupuk, penggunaan obat-obatan pemberantas hama dan tjara bertanam jang tepat.
Untuk melaksanakan Pantja Usaha ini perlu dihimpun dan disinkronisir sebagian besar kekuatan, kemampuan dan sjarat-sjarat pembangunan : modal dan ketrampilan, idam-idaman dan
19
keuletan, perentjanaan dan pelaksanaan jang teliti, pragmatis dan tepat. Bukan dalam ukuran-ukuran ketjil-ketjilan, melain-kan setjara Nasional. Bukan menjangkut puluhan orang, me-lainkan djutaan. Seluruh tubuh pemerintahan dan perekonomian Nasional bergerak dengan serentak: mulai dari Presiden dan Menteri-menteri sampai Kepala-kepala Desa, mulai dari sardja- na-sardjana jang mengadakan penelitian jang tjermat dilabo-ratorium-laboratorium sampan petani jang tekun disawah-sawah, mulai dari pembangunan bendungan jang besar-besar sampai pembuatan saluran-saluran kepetak-petak sawah, mulai dari importir dan pabrik-pabrik sampai kepengetjer-pengetjer, mulai dari Bank Sentral sampai Bank-bank keliling didesa-desa; dan masih banjak kegiatan lainnja.
Program ini mula-mula mendapat kesulitan, baik dari petani-petani sendiri maupun tjemoohan orang-orang jang sebenarnja tidak memikirkan nasib petani.
Tjara-tjara tradisionil dan sikap „nrimo” petani merupakan salah satu hambatannja: mereka enggan menggunakan pupuk karena belum jakin bahwa pupuk jang putih seperti tepung itu akan dapat menjuburkan kembali tanah sawahnja, tidak jakin bahwa bibit unggul jang telah diselidiki oleh para ahli perta-nian itu akan menumbuhkan padi jang tahan terhadap penjakit dan menghasilkan djauh debih banjak butir-butir padi dan me-reka belum mengerti bagaimana menggunakan alat penjemprot obat jang sederhana itu. Disamping itu apabila mereka sudah mengetahuinja, mereka tidak mampu mendapatkannja dengan wadjar. Saja dapat mengerti mengapa petani waktu itu belum tergerak hatinja, sebab pada masa Pemerintah jang dahulu hanja mampu menjuarakan slogan „swasembada” pangan; sarana-sarana menaikkan produksi tidak disediakan, sehingga hasilnjapun tidak ada. Dan petani mendjadi djera !
Sekarang keadaan djauh berbeda. Berkat pelaksanaan Bimas dan Inmas jang sungguh-sungguh itu, petani sendiri merasakan hasilnja: produksi padinja naik, harga beras dilindungi oleh Pemerintah hdngga menguntungkan petani, penghasilan petani
20
naik. Sekarang petani pertjaja, bahwa dengan menggunakan tjara-tjara bekerdja jang lebih baik, masa depannja akan men-djadi lebih baik. Ini berarti bahwa sebagian terbesar Rakjat kita pertjaja bahwa masa depan memang dapat diperbaiki; dan kepertjajaan ini merupakan kekuatan jang besar untuk mene-ruskan pembangunan ini.
Ini berarti pula bahwa Rakjat petani telah mulai berkesem-patan mengenal dan memanfaatkan hasil teknologi, melepaskan tjara-tjara jang tradisionil. Hal ini sekaligus berarti tertanam- nja salah satu sikap mental jang diperlukan bagi manusia pem-bangunan. Sikap mental itu, ialah penggunaan akal dan usaha untuk memanfaatkan keadaan alam; dan salah satu tjaranja ialah dengan mengenal dan menggunakan hasil teknologi setja- ra tepat bagi usaha-usaha pembangunan dalam berbagai bidang.
Perobahan sikap mental ini bukan hal jang „remeh”, sebab menjangkut pandangan hidup dan djalan hidup masa depan
bagian jang terbesar dari Bangsa kita.
Pembentukan sikap mental jang tjotjok untuk pembangunan ini harus terus didorong oieh Pemerintah, baik dengan adjakan kepada masjarakat maupun dengan mentjiptakan iklim jang mendorong pembentukan sikap mental ini.
Dengan segala pengalaman dalam menaikkan produksi padi ini, kita harus terus berusaha menaikkan produksi peternakan, perikanan dan lain-lain usaha untuk memperbesar penghasilan petani pada umumnja.
Kepada para petani, saja ingin menjampaikan utjapan sela- mat dan hormat saja atas usaha-usaha dan djerih pajahnja jang berhasil itu; bukan semata-mata untuk dirinja sendiri sekarang, tetapi terutama djuga untuk anak-anak tjutju dan hari depan- nja. Saja mengharapkan agar usaha-usaha jang berhasil itu di-pelihara, diperluas dan dikembangkan dibidang-bidang jang lain. Saja djuga meminta dengan sangat agar sarana-sarana produksi jang telah diadakan dan berdjalan baik itu dipelihara: memelihara saluran-saluran air, bendungan-bendungan, djalan-djalan dan djembatan disekitar desa, membajar kembali kredit tepat pada waktunja, mengembangkan kehidupan berkoperasi
21
dan sebagainja. Kepada para Gubernur sampai Kepala Desa saja sampaikan utjapan selamat dan seruan jang sama. Saja djuga minta agar para petani didorong untuk memenuhi ke-wadjibannja mengembalikan kredit jang telah diterima.
Saudara-saudara sekalian;
Dalam bidang pertanian jang lain — diluar persawahan — djuga terlihat adanja kemadjuan-kemadjuan.
Hasil perkebunan menundjukkan kenaikan-kenaikan. Nilai ekspor dari perkebunan besar maupun dari perkebunan Rakjat djika dibanding dengan tahun sebelumnja; walaupun dipasaran dunia terdapat penurunan-penurunan harga dari barang-barang ekspor tradisionil kita. Kemadjuan ini me-nundjukkan bahwa Perusahaan-perusahaan Perkebunan Ne- gara bertambah sehat dan usaha-usaha perkebunan Rakjat hidup. Berbagai faktor telah mendorong kemadjuan dibidang
ini seperti iklim ekonomi jang bertambah baik, prasarana jang melantjarkan pengangkutan barang-barang ekspor kita, kredit jang disalurkan kepada usaha-usaha ini, kebidjaksanaan-kebi-djaksanaan jang mendorong ekspor dan sebagainja.
Pemerintah mengusahakan agar hasil-hasil ekspor dapat langsung sampai kenegara-negara konsumen, tanpa melalui ne-gara perantara. Untuk ini mutu barang-barang ekspor kita harus diusahakan agar memenuhi kwalitas standar internasional, dengan mengadakan pengolahan produksi perkebunan itu di-dalam negeri sendiri. Langkah penting jang telah diambil dalam bidang ini antara lain ialah dibangunnja industri-industri jang menghasilkan „crumb rubber”; jang djuga berarti adanja ke-madjuan dengan digunakannja hasil teknologi. Namun, dalam bidang ini masih banjak usaha-usaha peningkatan jang harus kita lakukan, agar benar-benar mentjapai hasil-hasil jang ting- gi, jang sepenuhnja menguntungkan ekonomi Nasional.
Produksi kaju djati dan rimba dari pengusahaan hutan djuga naik; mentjapai lebih dari 8,8 djuta m3 atau 43% diatas pro- duksi tahun jang lalu. Dengan adanja peningkatan kegiatan dalam bidang kehutanan ini bukan sadja penghasilan devisa
22
kita meningkat, tetapi djuga akan dapat menghidupkan ke-giatan ekonomi didaerah-daerah jang bersangkutan. Tetapi sungguh disajangkan bahwa pengusahaan hutan ini — pena-naman modal asing atau dalam negeri — masih belum berdja-lan setjara semestinja, banjak para pemegang HPH (Hak Pengusahaan Hutan) jang belum atau tidak memenuhi kewa-djibannja, seperti jang ditentukan dalam idjinnja. Pemerintah telah dan akan mengambil langkah-langkah jang diperlukan untuk penertiban-penertiban, serta pengawasan perlu ditingkat-kan dalam waktu jang akan datang, bukan sadja untuk mentjegah kerugian dalam bidang devisa, tetapi djuga untuk mengamankan rentjana produksi industri kita serta untuk pengamanan hutan itu sendiri.
Dibidang pertambangan — dalam tahun 1970/1971 —, pro-duksi minjak bumi naik dengan 14%, timah naik dengan 6,7%, nikkel naik lebih dari 120%, bauksit naik dengan 33% djika dibanding dengan tahun sebelumnja. Jang menurun adalah produksi batubara, emas dan perak.
Usaha-usaha pertambangan jang baru bertambah — sebagi-an sedang dalam penjelesaian dan sebagian lainnja telah ber-produksi — perluasan-perluasan diadakan, sumber-sumber baru diketemukan; terutama minjak bumi. Tahun ini mulai diekspor pasir besi dari daerah Tjilatjap. Produksi dan ekspor timah dan bauksit naik. Tambang tembaga di Irian Barat sedang terus diselesaikan, dalam bentuk kontrak karya dengan fihak asing. Demikian djuga tambang nikkel, bauksit dan lain-lain didaerah-daerah lainnja.
Perkembangan usaha ekstraktif jang terus meningkat ini, memberikan kemungkinan dan harus dapat kita manfaatkan dengan mengusahakan pengolahan bahan-bahan mentah ter-sebut mendjadi bahan baku dan seterusnja. Usaha-usaha itu harus kita lakukan dalam REPELITA-REPELITA jang akan datang.
Bidang industri mengalami tingkat kemadjuan jang agak pesat. Dari 20 djenis produksi industri jang renting hampir
23
semuanja menundjlukkan peningkatan produksinja. Djika di-banding dengan tahun sebelumnja produksi tekstil — dalam tahun kedua REPELITA 1970/1971 — naik lebih dari 30% atau mentjapai lebih dari 590 djuta meter, benang tenun naik 23%, pupuk urea naik 17%, semen naik lebih dari 7%. Ke- naikan-kenaikan lain djuga kita tjapai pada produksi-produksi kertas, ban mobil, accu, televisi, radio dan pelat-seng.
Disamping naik dalam djumlah produksi, mutu barang-ba- rang jang dihasilkanpun meningkat pula.
Kemadjuan dan kenaikan produksi inipun tidak dapat dile-paskan daripada kondisi ekonomi dan politik jang terus ber-tambah baik serta kebidjaksanaan dibidang ekonomi jang me-rangsang usaha dibidang industri ini, termasuk kebidjaksanaan penanaman modal.
Kenaikan produksi dan kondisi ekonomi ini akan bertambah madju lagi apabila dibarengi dengan kondisi mental masjarakat jang lebih positif. Saja serukan kepada masjarakat agar lebih banjak menggunakan barang-barang jang telah dapat kita pro-duksi didalam negeri sendiri. Ja, marilah kita tumpahkan se-mangat Nasionalisme jang sehat djuga kepada bidang ekonomi. Kita memang tidak perlu bersikap pitjik, men-tabu-kan segala matjam barang-barang impor. Tetapi kita djuga tidak perlu merasa rendah diri djika kita menggunakan barang-barang pro-duksi dalam negeri.
Pemerintah akan terus mendorong agar produksi dalam nege- ri terus meningkatkan mutunja sehingga mampu bersaing de-ngan barang-barang impor. Pemerintah djuga terns mendorong agar pengusaha-pengusaha Nasional dan koperasi bertambah kuat; sehingga nanti benar-benar mendjadi tulang punggung ekonomi Nasional kita. Tentu usaha-usaha seperti ini memer-lukan semangat kepengusahaan jang baik, efisiensi, penelitian jang tidak kenal lelah dan pemanfaatan teknologi jang tepat. Pemerintah djuga telah mulai membimbing industri dalam ne- geri agar mulai memandang djauh „keluar pagar halaman sen-diri”. Harus tiba saatnja nanti — walau memakan waktu — kita djuga harus mengekspor barang-barang djadi; bukan hanja
24
bahan-bahan mentah dan lemah jang seringkali diombang-ambingkan oleh harga pasanan dunia. Sekarangpun kita telah mulai mengekspor barang-barang djadi itu.
Kenaikan produksi dan kegairahan industri inipun tidak mun-tjul dengan sendirinja. Semuanja ini hasil daripada serangkaian pengarahan jang telah dirintis oleh Pemerintah dalam tahun-tahun terachir ini. Kemantapan harga-harga dan nilai valuta asing telah memungkinkan unit-unit produksi bekerdja dengan lebih baik dan memiliki rasa kepastian usaha untuk djangka waktu jang pandjang. Keadaan ini dibarengi dengan kebidjak-sanaan-kebidjaksanaan dibidang fiskali, perkreditan dan lain- lain jang menundjang perkembangan kegiatan produksi dan penanaman modal.
Sedjak achir tahun 1966 Pemerintah telah 6 kali menurunkan suku bunga Bank-bank Pemerintah; djuga disediakan kredit djangka menengah dan djangka pendek dengan suku bunga sebesar 12% setahun. Suku bunga ini djarh lebih rendah di-banding dengan waktu-waktu sebelumnja. Pemerintah tahu, bahwa fasilitas kredit hingga kini masih sukar didjangkau oleh setiap unit-unit produksi ketjil dan menengah. Mudah-mudahan, Lembaga Asuransi Djaminan Kredit jang telah kita adakan 5 bulan jang lalu dapat segera membantu keadaan. Pembaharuan-pembaharuan kebidjaksanaan dibidang fiskal, penjempurnaan-penjempurnaan tarif bea masuk, rangsangan-rangsangan ekspor ternjata djuga telah mendorong kegiatan produksi dan industri ini. Dengan gembira saja dapat menjatakan, bahwa kenaikan produksi itu didorong pula oleh perubahan-perubahan dan pe-njesuaian struktur serta perbaikan management dan pening-katan efisiensi perusahaan milik Negara. Agar produksi terus meningkat, masih banjak lagi jang harus dilaknkan untuk lebih menertibkan dan meng-efisien-kan perusahaan-perusahaan Ne-gara tersebut.
Saudara Ketua dan Sidang jang terhormat;
Kemadjuan-kemadjuan produksi chususnja dan perbaikan ekonomi umumnja seperti' jang saja kemr,kakan tadi hanja da- pat terwudjud dengan adanja perbaikan jang sangat berarti
25
dibidang prasarana: perbaikan djalan-djalan dan djembatan; perbaikan irigasi dan pengendalian bandjir; peningkatan pe-njediaan listrik; perbaikan angkutan didarat, dilaut dan udara; perbaikan telekomunikasi dan sebagainja.
Sesuai dengan sasaran-sasaran jang telah ditetapkan dalam REPELITA, maka Pemerintah menjediakan prioritas biaja jang tinggi dibidang prasarana ini. Diukur dengan biaja jang terse-dia dan sasaran-sasaran jang ditetapkan, maka hasil dibidang prasarana tjukup memuaskan. Pada kesempatan ini saja ingin menjampaikan penghargaan kepada pegawai-pegawai negeri dan teknisi-teknisi kita jang telah menundjukkan ketekunan bekerdja — bukan hanja dibelakang medja, tetapi dilapangan, kadang-kadang djauh dari keramaian kota dan dihutan-hutan belukar -, sehingga projek demi projek dapat diselesaikan menurut rentjana.
Sedjalan dengan perbaikan-perbaikan jang kita tjapai dalam bidang pengangkutan, komunikasi dan bertambah baiknja ke-amanan, usaha menarik wisatawan-wisatawan asing kita per-besar. Usaha ini penting untuk memperbesar penghasilan devisa jang sangat kita perlukan itu. Dalam hal ini usaha-usaha per-hotelan, restoran dan fasilitas-fasilitas rekreasi lainnja telah banjak meningkat; meskipun masih banjak jang harus dila-kukan.
Masjarakat setempatpun dapat memanfaatkan meluasnja ke-giiatan kepariwisiataan ini, terutama dengan pendjualan hasil-hasil keradjinan Rakjat jang sangat menarik wisatawan itu. Oleh karena itu usaha-usaha masjarakat dibidang ini harus di-bimbing dan dikembangkan.
Untuk tahun 1970/1971 djumlah wisatawan asing jang ber-kundjung ke Indonesia adalah sebesar 129.000 orang dan hal ini melebihi target semula sebanjak 105.000 orang dengan angka pemasukan kotor sebesar lebih dari US $. 16 djuta, dan diharap-kan dalam tahun-tahun jang akan datang akan terus mening-kat. Dilain fihak, saja perlu mengingattkan, agar dalam me-ngembangkan kegiatan kepariwisataan itu, kita harus tetap
26
mendjaga kepentingan sosial-budaja Nasional dan keselamatan generasi-generasi jang akan datang. Kita perlu ikut serta da- lam pergaulan kepariwisataan dunia; tetapi harus tetap didjaga agar djangan terdjadi praktek-praktek dan usaha-usaha jang dapat membawa dekadensi moral Bangsa.
Saudara-saudara;
Setelah kita menilai adanja kemadjuan-kemadjuan dibidang ekonomi, tentu timbul pertanjaan mengenai kemadjuan-kema-djuan dalam bidang kesedjahteraan Rakjat.
Saja tidak ingin mengatakan bahwa kesedjahteraan sosial sudah baik. Beberapa bulan jang lalu, pada pembukaan Pasar Kiewer di Sala, saja telah mendjelaskan setjara pandjang lebar bahwa landasan bagi masjarakat adil dan makmur berdasarkan Pantja Sila baru akan kita tjapai antara 20 sampai 25 tahun jang akan datang. Itupun harus disertai dengan bekerdja keras; lebih keras dari jang sekarang telah kita kerdjakan !
Namun saja ingin menundjukkan, bahwa tingkat hidup Rak- jat kita sekarang terang tidak makin merosot. Harga-harga kebutuhan pokok jang mantap telah merupakan perbaikan ter-sendiri. Penghasilan petani jang bertambah baik — tani sawah, tani nelajan, tani kebun — tentu djuga telah berarti perbaikan hidupnja. Ja, saja ingin mengambil tjontoh jang sederhana sadja. Dimana-mana orang makin banjak jang memiliki radio-radio transistor, baik pedagang-pedagang „kaki lima” dikota- kota maupun petani didesa-desa. Sepedapun makin banjak di-desa-desa.
Djustru karena suasana dan keinginan madju telah meluas, maka kebutuhan Rakjat banjakpun makin tahun makin bero- bah. Baru-baru ini telah diadakan penelitian oleh badan swasta jang dianggap netral dan objektif mengenai perasaan dan ke-adaan Rakjat, terutama didesa-desa. Hasilnja menundjukkan bahwa Rakjat menilai memang ada perbaikan-perbaikan keada- an hidupnja. Harga-harga jang mantap bukan merupakan hal jang baru lagi; sudah dianggap wadjar. Kebutuhan lain makin
27
dinasakan, terutama pendidikan untuk anak-anak dan pemeli-haraan kesehatan.
Memang tingkat kemadjuan kesedjahteraan sosial antara lain dapat diukur dengian banjaknja gedung sekolah jang kita ba-ngun, rumah-rumah sakit, perumahan Rakjat jang sehat, air minum jang tjukup dan listrik jang terang, tempat-tempat re-kreasi dan lapangan-lapangan olah raga, mesdjid-mesdjid dan geredja-geredja dan tempat-tempat ibadah lainnja.
Apabila ukuran-ukuran itu jang kita gunakan, memang masih banjak jang harus kita kerdjakan. Selama ini, tahun demi tahun, kita telah banjak membangun sarana-sarana fisik untuk meningkatkan kesedjahteraan sosial tadi; walaupun djauh belum mentjukupi djika dibanding dengan kebutuhan masjarakat. Kita hendaknja ingat, pembangunan sarana-sarana fisik itu memerlukan biaja; dan biaja ini makin dapat kita kumpulkan apabila pembangunan dibidang ekonomi makin madju.
Apabila kemadjuan dibidang sosial diukur dengan sarana-sarana fisik tampak lamban, kita tidak perlu berketjil hati. Sebab, kemadjuan mental telah tumbuh dengan hebat; jang djustru merupakan modal pembangunan.
Masjarakat kita makin terbuka dan Iebih realistis. Penge-nalan teknologi ternjata dapat diterima dan telah disadari perlunja oleh Rakjat sendiri; seperti misalnja dalam Pantja Usaha bidang pertanian. Rakjat didaerah-daerah pedesaanpun — terutama dibeberapa daerah — telah mau dengan kesa-darannja sendiri melaksanakan program-program keluarga berentjana. Chusus dalam bidang keluarga berentjana ini, saja djuga ingin menjerukan agar pelaksanaannja ditingkat- kan mulai sekarang djuga. Tidak berlebih-lebihan kiranja, apabila saja katakan, bahwa sukses tidaknja kegiatan keluarga berentjana ini merupakan tantangan bagi hari depan Bangsa Indonesia.
Kita terus berusaha dan memang dapat menaikkan produksi pertanian, pertambangan dan industri. Tetapi, apabila kenaik-
28
an-kenaikan tersebut tidak diimbangi dengan pertambahan penduduk jang terkendalikan, maka hasil produksi itu setjara Nasional tidak akan ada artinja.
Sebaliknja, suksesnja keluarga berentjana ini bagi Bangsa Indonesia akan merupakan prestasi jang besar, berarti akan mempertjepat usaha peningkatan kesedjahteraan Rakjat jang merata, dan djuga berarti bahwa Bangsa Indonesia telah mampu berfikir dan bersikap lebih tertib, lebih rasionil dan lebih dinamis, sjarat-sjarat pokok bagi Bangsa jang ingin madju dan membangun.
Disiplin dan rasa tertib dikalangan Rakjat sebenarnja tjukup besar; hal ini tampak djelas dari pelaksanaan Pemilihan Umum jang baru lalu. Toleransi antara ummat beragama jang berbeda-beda makin terasa.
Semuanja itu merupakan prasjarat dan modal untuk mene-ruskan pembangunan. Ketertiban sosial dan kesadaran sebagai warga negara memang masih harus kita tingkatkan, baik dengan langkah-langkah jang diambil oleh aparatur Pemerin-tahan jang berwenang maupun dengan membangkitkan kesa-daran masjarakat sendiri.
Saudara-saudara;
Hal lain jang menggembirakan adalah adanja kegairahan membangun jang terus terasa didaerah-daerah. Bagi Rakjat didaerah-daerah bekerdja untuk membangun adalah gampang dimengerti, jang mendjadi soal adalah bagaimana memperoleh dan mengerahkan dana sarananja. Dalam hal ini Pemerintah memberikan tanggapan jang riil. Bantuan kepada Desa dan Kabupaten jang telah diberikan dalam tahun-tahun terachir ini djelas menimbulkan gerak pembangunan pada seluruh Kabupaten-kabupaten sampai kedesa-desa. Masjarakat makin terdorong untuk membangun dan tanggung djawab pemba-ngunan makin besar.
Dengan bantuan-bantuan tadi kemadjuan-kemadjuan ekono-mi djelas terasa; tetapi jang lebih penting lagi adalah se-
29
mangat, kegiatan dan tanggung djawab membangun dari masjarakat sendiri. Melihat pengalaman-pengalaman jang diperoleh selama ini dan untuk mendorong pembangunan jang lebih besar, maka untuk Tahun Anggaran jang akan datang Pemerintah akan meneruskan pemberian bantuan tersebut. Bahkan akan menaikkan lagi bantuan kepada Kabupaten, sehingga mendjadi Rp. 100,- untuk setiap djiwa penduduk dalam Tahun Anggaran jang akan datang.
Saudara Ketua;
Akan terlalu memakan waktu apabila saja melaporkan satu-persatu pelaksanaan pembangunan dalam tahun kedua REPE-LITA ini. Seperti tahun jang lalu, idjinkan saja meminta kepada para Anggota Dewan jang terhormat, untuk nanti meneliti laporan tersebut jang saja sampaikan setjara tertulis sebagai lampiran Pidato Kenegaraan ini.
Hasil-hasil jang dapat kita tjapai dibidang ekonomi dan pembangunan tadi sekaligus djuga mentjerminkan prestasi kerdja aparatur kita, baik aparatur Pemerintahan umum maupun aparatur perekonomian Negara, baik aparatur diting-kat Pusat maupun ditingkat Daerah, baik aparatur sipil maupun ABRI. Aparatur Negara memang belum sempurna, tetapi bukannja lumpuh; malahan djuga menundjukkan per-baikan-perbaikan jang berarti.
Setjara Nasional dapat dikatakan, bahwa seluruh aparatur telah dapat di-"satu bahasa"-kan; tentu sadja dalam arti jang baik. Sesuai dengan garis pembangunan jang sekarang ditem-puh oleh Bangsa kita, maka segala kegiatan aparaturpun, telah menudju kepada pelaksanaan pembangunan itu.
Hal ini tampak djelas mulai dari tingkat Pusat sampai kedesa-lesa. Adanja kesatuan arah ini sungguh merupakan, kemadjuan tersendiri. Tidak mungkin kita melaksanakan pem-bangunan apabila aparatur Negara tidak djuga mengikatkan diri dan siap melaksanakan pembangunan itu. Walaupun
30
Undang-undang mengenai Otonomi Daerah — jang baru — belum djuga dapat diselesaikan, namun inisiatif Daerah terus didorong oleh Pemerintah, sekaligus dalam rangka menjiapkan otonomi jang riil dan luas serta mendewasakan Pemerintah Daerah. Kebidjaksanaan ini telah mendorong pembangunan didaerah-daerah, sebagai pelengkap pembangunan Nasional. Tertib Pemerintahan makin terasa, pembagian tugas dan wewe-nang antara instansi-instansi makin djeias. Dan untuk memeli-hara konsistensi, maka komunikasi dan koordinasi antara instansi-instansi itu setjara tehnis ditingkatkan.
Dalam bidang Hankam dapat dikemukakan, bahwa pada tingkat sekarang ini pelaksanaan tugas pokok ABRI sebagai alat Hankam dipusatkan pada kemampuan untuk memelihara keamanan dalam negeri, dengan tetap melihat djauh kedepan menghadapi kemungkinan datangnja bahaja dari luar. Tugas ini dapat dilaksanakan dengan baik. Integrasi dan konsolidasi ABRI jang telah dilakukan mulai tahun-tahun jang lalu, sekarang telah menundjukkan hasilnja. Kemampuan intelidjen tjukup baik, sehingga telah banjak dapat diambil langkah- langkah preventif : melumpuhkan kegiatan-kegiatan jang ber- sifat subversif dan destruktif, sebelum kegiatan-kegiatan seperti itu sempat mendjalar mengganggu ketenangan dan ke-amanan masjarakat. Unsur-unsur teritorial ABRI telah dapat bekerdja efektif, mulai dari tingkat pusat sampai eselon teren- dah didesa-desa. Kemampuan teritorial ini sekaligus dimanfaat-kan untuk ikut menggerakkan pembangunan didesa-desa. Sistim komunikasi djuga meningkat kemampuannja, baik ketjepatannja maupun luas djaringan-djaringannja, baik dari Pusat kekesatuan-kesatuan dan kedaerah-daerah maupun se-baliknja. Dalam hal diperllukan, maka dalam waktu 3 X 24 djam unsur-unsur strategis pusat Hankam dapat tuba pada titik-titik terdjauh diwilajah Negara kita ini. Dalam waktu 1 X 24 djam unsur strategis wilajah jang terpusat dimasing-masing Komando Wilajah Pertahanan dapat dikirim ketitik-titik terdjauh dalam wilajahnja sendiri. Dengan kemampuan ini dapat didjamin keamanan Nasional sampai tingkat tertentu.
31
Kelintjahan dan ketrampilan pelaksanaan tugas pengamanan ABRI dalam Pemilihan Umum jang lalu, djuga telah merupa- kan faktor jang mampu mendjamin keamanan, ketenangan dan ketertiban pelaksanaannja.
Ketertiban dan disiplin ABRI djuga terus ditingkatkan. Dalam hal ini, saja rasa masjarakat sendiri dapat menilainja. Sebagai alat Hankam, ABRI — sebagai lembaga — dapat di-katakan telah banjak dapat melepaskan tugas-tugas umum Pemerintahan; disamping hal ini merupakan kebidjaksanaan jang digariskan Pemerintah, djuga karena aparatur sipil sen- diri telah makin mampu melaksanakan tugasnja.
Terhadap bahaja dari sisa-sisa kekuatan gelap G-30-S/PKI kita harus tetap waspada. Kekuatan fisik mereka telah dapat dikatakan tidak mempunjai arti lagi. Tetapi mereka tetap berusaha mengadakan kegiatan-kegiatan sabotase, subversi dan kegiatan-kegiatan gelap lainnja. Kader-kader mereka tetap ada, malahan mereka menjusup ketengah-tengah kala-ngan jang biasanja dianggap bukan sarang PKI, seperti misalnja di Perguruan-perguruan Tinggi, sardjana dan maha-siswa. Sidang-sidang pengadilan gembong sisa-sisa G-30-S/ PKI jang telah berlangsung pada achir-achir ini djelas menun-djukkan bukti-bukti mengenai peringatan saja tadi. Tetapi saja minta agar masjarakat djangan gelisah dan djangan saling tjuriga-mentjurigai. Saja djamin alat-alat keamanan Negara mampu mengatasinja. Saja djuga menjampaikan penghargaan jang tinggi kepada alat-alat keamanan Negara dan semua instansi-instansi jang telah dapat membongkar kegiatan- kegiatan gelap ini dan menjeret pelaku-pelakunja kedepan Pengadilan.
Dilain pihak terhadap mereka jang telah menundjukkan kesadarannja, kita wadjib menerima mereka kembali kedalam masjarakat dan memperlakukan mereka setjara wadjar sesuai dengan pandangan hidup kita jang berdasarkan Pantja Sila. Dalam hubungan ini Pemerintah akan meneruskan kebidjak-sanaan jang ditempuh selama ini., ialah mengembalikan ke-
32
dalam masjarakat tahanan-tahanan G-30-S/PKI golongan C setjara bertahap dan selektip; ,sehingga dalam waktu jang tidak terlalu lama semua tahanan golongan C ini telah dapat dibebaskan semua.
Saudara Ketua;
Dalam kita menilai hasil-hasil kemadjuan dibidang ekonomi dan pembangunan saja harus mendjelaskan djuga mengenai peranan dan arah kerdjasama dan bantuan ekonomi luar negeri.
Dalam tahun-tahun jang terachir ini kita merasakan manfaat dari bantuan dan kerdjasama ekonomi luar negeri itu untuk mewudjudkan stabilisasi ekonomi dan melantjarkan pemba-ngunan.
Dalam hubungan saja — untuk kesekian kalinja — mengadjak kita semua mendjernihkan fikiran kita mengenai arti bantuan ekonomi luar negeri ini. Sebab, diantara kita — sjukur hanja sebagian ketjil sadja — ada jang berpendapat, bahwa stabilisasi dan kemadjuan dibidang ekonomi jang kita tjapai sekarang ini hanjalah „berkat” dari adanja bantuan luar negeri jang melimpah ruah. Pendapat ini tidak benar karena tidak sesuai dengan kenjataan. Malahan sedikit ber- bahaja karena meremehkan kemampuan dan ichtiar Bangsa sendiri.
Benar, kita mendapatkan bantuan luar negeri; akan tetapi bantuan ini tidak datang dengan sendirinja. Betapa pun baik hati negara-negara sahabat kita, betapapun mereka bersung- guh-sungguh ingin membantu kita, maka bantuan itu tidak akan tiba apabila kita sendiri tidak dapat menundjukkan ke- mampuan. Sesudah pada tahun 1966 kita setjara drastis mengambil langkah-langkah untuk mengatur kembali warisan keadaan ekonomi dan sosial jang kalut dari masa lampau, barulah bantuan luar negeri itu mengalir; bukan sebaliknja. Saja pernah menegaskan, bahwa kita tidak perlu kehilangan harga diri karena adanja bantuan-bantuan ini. Banjak bangsa-
33
bangsa lain jang sekarang telah mentjapai tingkat pereko-nomian jang sangat madju — malahan djuga membantu kita
, dahulupun mereka mendapatkan bantuan ekonomi dari negara-negara lain. Bantuan dan kerdjasama ekonomi luar negeri adalah jang djamak sekarang ini, bukan hal jang gan-djil; sebab sesungguhnja — pada achirnja - semua bangsa-bangsa didunia sating membutuhkan. Langsung atau tidak langsung bantuan jang diberikan itu bermanfaat pula bagi kepentingan nasional masing-masing. Hal lain jang perlu kita nilai adalah untuk apa bantuan luar negeri itu kita gunakan. Apabila bantuan itu kita gunakan untuk memperbaiki tingkat hidup Rakjat banjak, untuk pembangunan, mnaka tidak ada jang tertjela dalam hal ini.
Kebidjaksanaan Pemerintah sekarang adalah bahwa seluruh bantuan dari luar negeri itu, baik jang berupa bantuan projek, bantuan kredit ataupun bantuan pangan, keseluruhannja kita gunakan untuk pelaksanaan pembangunan. Tidak satu sen-pun dari segala matjam bantuan itu jang hanja kita habis-habiskan untuk „makan”. Bantuan pangan misallnja, seluruhnja didjual, kita ,,rupiah"-kan dan masuk anggaran pembangunan untuk membiajai pembangunan. Kebidjaksanaan dan sikap ini adalah prinsip, dan ini bersifat mendidik kepada diri kita sendiri. Kita ingin menikmati kehidupan jang lebih baik, untuk itulah kita membangun, untuk itulah kita harus rela membajar harga ke-bahagiaan dengan keringat kita sendiri. Bantuan luar negeri harus kita gunakan untuk membiajai pembangunan jang mem-punjai arti ekonomi, jang dapat menggerakkan kemadjuan-kemadjuan ekonomi; karena nanti, bantuan itu harus kita bajar kembali.
Dilain fihak kita mau menerima bantuan luar negeri chusus-nja jang berupa pindjaman, apabila kita jakin dan menurut perhitungan kita akan dapat mengembalikan pindjaman ter-sebut dalam waktu jang relatif pandjang, kita tidak akan mau menerima pindjaman jang djustru akan mendjerat kita sendiri. Dengan landasan jang demikian itulah saja tidak ragu-ragu
34
mengadakan kerdjasama dan menerima bantuan dari luar negeri dari manapun datangnja. Dan bantuan luar negeri itu tidak datang dengan sendirinja, harus kita usahakan.
Kemampuan kita untuk membereskan rumah tangga sendiri, kemampuan kita untuk mewudjudkan stabilisasi ekonomi dan stabilisasi politik, kemampuan kita dalam mengatasi kesulitan-kesulitan jang kita hadapi, kemampuan kita untuk melaksana- kan pembangunan, tetap merupakan modal pokok jang dapat meningkatkan kadar kepertjajaan luar negeri kepada kita.
Dengan latar belakang dan sikap jang demikian itu pulalah, kita mampu menjelesaikan masalah pembajaran kembali hutang luar negeri kita warisan masa lampau dengan sjarat-sjarat jang lebih mendjamin kemampuan kita untuk membajar kembali. Dalam hal ini kita djuga memperoleh kemadjuan-kemadjuan jang besar, baik dengan negara-negara „Barat”, maupun dengan negara-negara „Timur”. Dalam tahun kedua REPE- LITA telah dapat ditanda-tangani persetudjuan-persetudjuan mengenai penangguhan pembajaran kembali hutang-hutang luar negeri warisan masa lampau.
Persetudjuan itu berturut-turut telah dapat kita tanda- tangani dengan Belanda, Perantjis, Uni Soviet, Republik Fede- rasi Djerman, Amerika Serikat, Republik Demokrasi Djerman, Polandia, Tjekoslowakia, Djepang dan Rumania. Dalam waktu fang tidak terlalu lama djuga akan ditanda-tangani persetudju- an mengenai hal tadi dengan Italia dan Inggris. Penjelesaian ini djuga mentjerminkan bahwa politik luar negeri kita jang bebas aktif makin dapat dipahami oleh negara-negara lain. Saja telah meng-instruksikan kepada para Menteri jang bersangkutan untuk terus berusaha memperluas kerdja-sama ekonomi dan perdagangan dengan negara-negara manapun; dengan tetap berpidjak pada strategi pembangunan kita, berdasarkan kebi-djaksanaan umum jang telah kita gariskan dan tanpa perlaku- an-perlakuan chusus. Perluasan hubungan ekonomi ini perlu, agar kita lebih lintjah dalam mengembangkan kemampuan-kemampuan ekonomi kita sendiri.
35
Politik luar negeri kita jang babas aktif kita laksanakan dengan penuh kepertjajaan pada diri sendiri. Djalan kearah ini tidak selamanja litjin; hal itu telah kita sadari sedjak semula. Memang, melaksanakan suatu prinsip senantiasa penuh tan-tangan. Tetapi kita telah bertekad untuk meneruskan djalan jang kita, anggap benar ini, tanpa hanja ikut-ikutan sadja ke-arah mana angin bertiup.
Politik luar negeri kita jang bebas-aktif itu tanpa sembunji-sembunji saja djelaskan pada Konperensi Tingkat Tinggi Negara-negara Non-aligned ke-3 di Lusaka, Zambia, pada bulan September tahun jang lalu. Kita tidak berprasangka bahwa se-gala pandangan Indonesia akan diterima begitu sadja oleh negara-negara peserta. Walaupun demikian, saja menilai, bahwa pandangan-pandangan jang kita kemukakan disana setidak-tidaknja telah mengingatkan kembali semua negara akan tudju-an dan tjita-tjita semula daripada non-alignment itu.
Saudara. saudara Pimpinan dan Anggota-anggota DPA-GR jang terhormat;
Pembangunan djuga mempunjai arti jang panting bagi ter-wudjudnja perdamaian jang mendjadi tjita-tjita seluruh ummat manusia. Dimana ada perdamaian, disitu pembangunan dapat berdjalan dengan pesat. Sebaliknja, melalui pembangunan jang merata kita dapat mentjiptakan keadaan membawa perdamaian dan kebebasan.
Mengenai perdamaian dunia tampaknja telah makin men- djadi usaha semua negara untuk mewudjudkannja. Hasil-hasil njata kearah terwudjudnja perdamaian itu memang belum tampak djelas. Akan tetapi, usaha-usaha perdamaian jang pada waktu-waktu terachir ini tampak diusahakan dengan lebih sungguh-sungguh oleh semua fihak setidak-tidaknja telah membuka harapan-harapan baru. Tanda-tanda kearah perda-maian itu dapat kita lihat diwilajah-wilajah jang masih tegang sekarang ini, baik di Timur Tengah maupun dibagian Benua Asia. Kita sambut dengan baik setiap langkah perdamaian ini, dari manapun datangnja. Dari mimbar ini saja hanja ingin me
36
njatakan bahwa usaha-usaha itu hanja akan berhasili apabila usaha-usaha itu benar-benar dilandasi oleh sikap dan keinginan untuk mentjapai perdamaian dan hubungan persahabatan atas dasar persamaan, kedjudjuran dan saling hormat-menghormati.
Jang kita tudju bukan pula hanja perdamaian dalam arti bebasnja ummat manusia dari bahaja peperangan jang segera memusnahkan ummat manusia; melainkan djuga dari bahaja lain jang dapat memusnahkan kemanusiaan, ialah kebodohan, keterbelakangan, kelaparan dan penjakit ; jang memang masih diderita oleh djutaan ummat manusia. Karena itu sudah seha-rusnja apabila bermiljar-miljar dollar uang jang digunakan untuk patjuan persendjataan atau biaja jang digunakan untuk peperangan atau persiapan peperangan, dialihkan setjara kon-struktif untuk mempertjepat pembangunan bangsa-bangsa jang memerlukan bantuan.
Saudara-saudara se-Bangsa dan se-Tanah Air;
Saja telah mengadjak saudara-saudara menilai keadaan kita dewasa ini. Setjara singkat kita telah melihat bahwa keadaan kita sekarang lebih madju lagi dari tahun-tahun jang lalu, baik dibidang politik, keamanan dan ketertiban, dibidang ekonomi pembangunan maupun dalam hubungan luar negeri.
Tetapi djauh lebih penting daripada sekedar melihat kema-djuan-kemadjuan tadi, kitapun telah mentjoba meneliti sebab-sebab pokok jang memungkinkan tertjapainja kemadjuan-kemadjuan itu.
Sekarang, apa tugas kita selandjutnja?
Tepat setahun jang lalu, dari mimbar ini djuga, saja katakan waktu itu bahwa dalam djangka pendek kita menghadapi dua tugas pokok : pertama, mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Umum; dan kedua, mensukseskan pelaksanaan Pembangunan Lima Tahun. Tugas pertama telah selesai.
Dan inilah tugas kita sekarang: meningkatkan pelaksanaan pembangunan !
37
Untuk itu kita harus mampu mengkonsolidasikan dan meman-faatkan sebaik-baiknja hasil-hasil jang telah kita tjapai hingga dewasa ini; pertama, memelihara dan memperkuat keadaan jang telah stabil dan mantap; kedua, memperhebat pelaksanaan REPELITA.
Marilah kita kadji lebih dalam masalah-masalah pembangun- an kita dimasa depan itu.
Dalam djangka pandjang jang kita kerdjakan adalah pemba-ngunan Bangsa dalam arti luas, „Nation Building”. Apakah hakekat Pembangunan dalam arti luas itu? Saja akan mengu-langi lagi jang saja utjapkan setahun jang lain: „Pembangunan Bangsa dalam arti luas meliputi pengembangan nilai-nilai dasar jang kita anggap vital, menumbuhkan tata-kehidupan masja-rakat jang harmonis, mengembangkan bakat dan harkat ma-nusia, memelihara dan mengembangkan lembaga-lembaga dan tata-tjara jang telah kita pilih untuk hidup ber-Bangsa dan ber-Negara ini”.
Hakekat pembangunan bangsa adalah perobahan menudju kemadjuan disegala bidang, jang bagi Bangsa Indonesia, harus tetap berdasarkan Pantja Sila. Dengan singkat, inti persoalan pembangunan Bangsa Indonesia adalah „menumbuhkan demo-krasi politik dan demokrasi ekonorni berdasarkan Pantja Sila itu”, sedangkan tata-tjaranja telah digariskan dengan landasan hukum dasar ialah Undang-undang Dasar 1945.
Pembangunan jang demikian itu djelas memerlukan waktu; malahan sedjak semula kita harus sadar, bahwa waktu jang diperlukan itu tjukup pandjang. Kita tidak dapat melawan „hukum waktu” ini. Jang dapat kita usahakan adalah memper-tjepat proses pembangunan; sehingga kitapun dapat lebih se- gera menikmati hasilnja. „Hukum” ;ini harus kilta sadari, agar kita tidak lekas ketjewa karena tidak dapat segera melihart hasil-hasil pembangunan itu. „Hukum” ini djuga harus kita sadari, agar kita tergerak untuk mempertjepat proses pembangunan tadi.
38
Pertjepatan pembangunan ini memer1ukan perobahan sikap:. mental, perobahan orientasi.
Perobahan orientasi inilah jang sekarang sedang terdjadi.
Tidak tampak dengan mata; akan tetapi sebenarnja sedang berlangsung dengan hebat.
Dahulu, segala perhatian kita terpusat pada ideologi dan politik — dalam arti sempit — jang ditambah dengan dipompa-kannja slogan-slogan membawa masjarakat selalu pada fikiran-fikiran jang abstrak, seolah-olah lepas dari kenjataan hidup sehari-hari; malahan membuat kita kerdil tidak mengetahui kemadjuan bangsa-bangsa lain. Sekarang, dalam melaksanakan pembangunan, kita menghadapi dan memetjahkan persoalan-persoalan lebih mendalam dan lebih bersungguh-sungguh; dan jang djustru menjangkut kebutuhan hidup manusia, baik ke-butuhan lahiriah maupun kebutuhan batiniah.
Orientasi baru ini membuat kita lebih tjepat melihat keku-rangan-kekurangan kita sendiri. Hal inilah jang seringkali menimbulkan kegelisahan-kegelisahan. Sadar akan kekurangan tidak selamanja buruk; asalkan kesadaran itu kita gunakan untuk membaharui tekad dan usaha untuk memperbaikinja.
Pembangunan adalah masalah jang luas, bersegi banjak. Tidak mungkin kita melaksanakan semuanja sekaligus. Sebab itu, dalam melaksanakan pembangunan ini kita harus tepat memilih prioritas-prioritasnja.
Dalam tahap pembangunan jang sekarang ini, prioritas kita adalah pembangunan ekonomi. Saja tekankan pada kata-kata „prioritas”; sebab, hal ini telah mengandung makna bahwa pembangunan dibidang lain tidak diabaikan.
Pembangunan hakekatnja adalah pembangunan manusia dan ditudjukan untuk kepentingan manusia. Sebab itu, disamping pembangunan ekonomi kitapun terus membangun segi-segi lain dari kehidupan kita: politik, sosial, budaja, pendidikan, mental dan sebagainja. Pembangunan ekonomi jang sekarang adalah strategi agar semua tudjuan pembangunan itu achirnja dapat tertjapai. Kita masih ingat, bahwa beberapa tahun jang lalu
39
kita djustru memilih pembangunan ekonomi ini sebagai prio- ritas, karena dibidang ekonomi inilah keadaan kita jang paling parah dan selalu di-subordinasikan pada kepentingan politik.
Keparahan keadaan ekonomi ini mendjadi sumber kegelisahan masjarakat, rusaknja ketertiban, merosotnja aparatur, menu-runnja achlak. Semuanja ini makin menenggelamkan perekono-mian kita; makin mendjauhkan kita dari kesedjahteraan.
Lingkaran tidak berudjung pangkal ini harus kita potong; dan dari situ kita muiai.
Pillihan kita djatuh pada pembangunan ekonomi sebagai pangkal pembangunan dibidang-bidang jang lain.
Djelasnja, dari hasil-hasil pembangunan ekonomi itulah di-usahakan perbaikan-perbaikan pada bidang-bidang jang lain. Malahan dari hasil pembangunan ekonomi ini sekarang telah terasa berkembangnja kesadaran dan sikap mental untuk lebih madju lagi.
Pembangunan memerlukan warganegara jang kreatip.
Hal berarti, bahwa dalam melaksanakan pembangunan inipun kita sekaligus mengembangkan nilai-nilai demokrasi, kebebasan dan mempertebal rasa tanggung djawab warga- negara.
Sebab itu, seperti jang djuga raja katakan setahun jang lalu, pembangunan dan demokrasi adalah satu nafas. Dengan se-lesainja Pemilihan Umum berarti kehidupan demokrasi kita makin berkembang; dan sekaligus kita usahakan agar stabili- sasi politik lebih mantap.
Lembaga-lembaga perwakilan Rakjat jang segera terbentuk nanti sebagai hasil dari Pemilihan Umum itu makin kuat ke-dudukannja karena lebih mentjerminkan dalam suara jang akan disalurkan melalui lembaga-lembaga perwakilan tadi. Kita se- mua wadjib berusaha agar sekaligus kehidupan konstitusionil kita berdjaian dengan sehat; artinja, segala keinginan masja- rakat atau golongan dalam masjarakat benar-benar disalurkan melalui lembaga-lembaga perwakilan Rakjat jang telah dipilih
40
oleh Rakjat sendiri. Prinsip ini penting kita perhatikan; karena tjara-tjara jang demikian itulah jang ditetapkan dalam Undang-undang Dasar kita, dan untuk itulah diadakan Pemilihan Umum setjara berkala. Sebaliknja, djustru untuk mendewasa- kan kehidupan demokrasi kita, maka dari semua golongan dan seluruh lapisan masjarakat dipanggil oleh kewadjiban untuk mematuhi keputusan bersama jang telah diambil oleh wakil- wakil Rakjat dalam lembaga-lembaga perwakilan tadi.
Sikap ini adalah sikap demokrasi jang dewasa, sikap ini ada- lah disiplin dan tertib demokrasi, sikap ini adalah tanggung djawab demokrasi.
Dalam mengembangkan daja kreasi masjarakat, demokrasi, kebebasan dan rasa tanggung djawab, pers jang sehat djuga dapat berbuat banjak.
Pers jang babas dan bertanggung djawab harus ikut meng-adakan pembaharuan dan pembangunan.
Bukan hal jang menjenangkan apabila alat-alat Negara harus menindak pers atau mengadjukannja kedepan Pengadilan. Tindakan-tindakan itu tidak berarti tanda-tanda permulaan daripada berachirnja kembali kebebasan pers. Tindakan terha- dap pers melalui pengadilan berarti langkah untuk menegakkan ketertiban melalui hukum, jang djuga dikehendaki oleh Orde Baru. Dan langkah-langkah sematjam ini akan terus ditempuh oleh Pemerintah.
Pemerintah tetap pada pendiriannja untuk mendja-min kebebasan pers; djuga kebebasan mimbar, kebebasan menjalurkan pendapat dan suara. Kebebasan-kebebasan ini djustru diperlukan agar fikiran-fikiran dalam ma-sjarakat berkembang dan bertambah kritis, agar saling hubu-ngan antara masjarakat sendiri lebih terbuka, agar masjarakat lebih mengerti masalah-masalah jang kita hadapi dan ikut serta memikirkan pemetjahannja.
Apabila, keadaan ekonomi sekarang telah menundjukkan kemampuannja untuk menundjang pembangunan selandjutnja, maka dalam tahun-tahun jang akan datang ini usaha-
41
usaha memperkuat kemantapan ekonomm harus dteruskan se-dangkan prasarana sosial diusahakan meningkat pula kemampu-annja. Gairah membangun dari masjarakat tentu diusahakan dengan landasan kemadjuan-kemadjuan jang telah ditjapai saat ini. Berbagai kebidjaksanaan jang mendorong kegiatan masja-rakat untuk membangun akan makin disempurnakan, antara lain dengan mengusahakan sarana-sarana produksi jang lebih efektif kepada masjarakat. Pengenalan dan peman- faatan teknologi harus diperluas (meskipun dalam tingkat jang sederhana), sebab teknologi inilah jang dapat membawa kemadjuan jang pesat dalam pembangunan; jang sekaligus harus dapat mendjadi landasan bagi pembangunan industri besar-besaran dimasa depan.
Sifat-sifat manusia jang membangun digerakkan. Seperti saja djelaskan tadi, gerakan Tabungan Pembangunan Nasional merupakan salah satu usaha kearah ini. Gerakan tabungan ini diharapkan dapat menggugah kesadaran kita mengenai arti uang sebagai alat pemupuk modal untuk pembangunan atau untuk keperluan jang lebih besar dikemudian hari. Gerakan tabungan djuga diarahkan untuk mendidik pola pembelandja- an masjarakat; agar lebih menahan diri terhadap kegiatan-kegiatan konsumtif dan lebih beralih kepada kegiatan-kegiatan jang produktif.
Untuk membangun, Negara memerlukan modal; dan ini tidak dapat hanja ditjetak dari kertas biasa. Uang Negara itu harus dikumpulkan dari masjarakat sendiri disamping dari tabungan jang saja sebutkan tadi, terutama dari bermatjam-matjam padjak, bea tjukai dan bea masuk dan sebagainja. Kemantapan ekonomi dan kegiatan pembangunan jang makin banjak sekarang ini, antara lain djuga karena makin besarnja pemasukan uang ke-kas Negara. Pemerintah berusaha keras untuk meningkatkan penerimaan Negara. Usaha ini akan lebih lantjar dengan ladanja kesadaran dari masjarakat sendiri.
Kesadaran membajar padjak diusahakan dipupuk oleh Pe-merintah dan diharapkan tumbuh dari masjarakat. Kebidjak-
42
sanaan dibidang ini sekaligus diarahkan untuk meningkatkan penerimaan negara, mendorong kegiatan ekonomi dan produksi dalam masjarakat serta mengetrapkan keadilan sosial. Dalam menumbuhkan kesadaran membajar padjak ini Pemerintah ingin memberi tjontoh dari dalam tubuhnja sendiri. Sedjak tahun jang lalu — sekaligus dalam rangka memberantas korupsi setjara preventif — saja menginstruksikan kepada pedjabat-pedjabat tinggi — baik sipil maupun ABRI — agar mengirimkan Daftar Kekajaan Pribadi-nja langsung kepada saja. Untuk tahun ini saja mewadjibkan pedjabat-pedjabat tadi mengirimkan bukti bahwa mereka telah membajar padjak-padjaknja pada kas-kas negeri; dan saja sendiri akan memerik- sa pelaksanaannja. Langkah ini saja anggap tjukup penting agar kesadaran membajar padjak ditundjukkan dari atas, ditjontohkan oleh pedjabat-pedjabat tinggi Pemerintahan.
Kewadjiban membajar padjak sekaligus merupakan tjara mendidik jang baik, untuk mendjadikan setiap warga negara mematuhi dan memenuhi kewadjibannja terhadap Negara.
Setiap warga negara harus lebih sadar, tertib dan berdisiplin dalam memenuhi setiap kewadjibannja terhadap negara dan masjarakat, memenuhi peraturan-peraturan jang berlaku — termasuk membajar padjak, bea dan lain-lain —. Pemberian bimbingan dan penertiban kearah ini akan terus ditingkatkan oleh Pemerintah.
Untuk itu pulalah, aparatur Pemerintahan akan terus diper-baiki dan diefektifkan; baik strukturnja, prosedur kerdjanja dan pengawasannja.
Aparatur Pemerintahan jang berwibawa, tjekatan, bersih dan mempunjai rasa pengabdian kepada masjarakat adalah gambaran aparatur kita dimasa depan. Sekarang telah mulai difikirkan penjusunan „doktrin” administrasi Negara kita, sebagai landasan Pembangunan administrasi Negara jang mo-dern. Kode etik pegawai negeri sudah tiba saatnja untuk difikirkan. Pegawai Negeri diusahakan agar memiliki kete- nangan dan kegairahan bekerdja, menemukan kembali harga
43
diri dan kebanggaan sebagab abdi masjarakat, didjamin kariernja berdasarkan ukuran-ukuran jang lebih objektif dan berdasarkan prestasinja, dibebaskan dari rasa ketidak pastian atau gangguan karena pergantian kekuasaan politik dipuntjak Pemerintahan Negara.
Dengan memanfaatkan hasil-hasil dibidang ekonomi, dengan peningkatan efisiensi dan prestasi, diusahakan terus bertam-bahnja kemampuan Negara untuk memperbaiki gadji pegawai negeri dan anggota ABRI.
Pemerintah selalu berusaha untuk memperbaiki gadji pega- wai negeri dan anggota ABRI setjara bertahap sesuai dengan kemampuannja, seperti jang selama ini telah beberapa kali dilakukan; jang terachir dengan kenaikan sebesar 331/3% dari gadji bersih sebelumnja, jang mulai berlaku sedjak bulan April jang baru lalu.
Kepada para pegawai negeri dan ABRI saja ingin menjeru- kan dan minta kesadarannja bahwa perbaikan penghasilan (gadji) itu akan lebih mudah dan tjepat dapat dilaksanakan, apabila pegawai negeri dan ABRI — sebagai pelajan dan pe-lindung masjarakat dan unsur pelaksana pembangunan — selalu berusaha bekerdja lebih keras, lebih tertib dan djudjur, sehingga prestasi kerdjanja meningkat, jang menjebabkan meningkatnja penerimaan Negara.
Usaha konsolidasi dan integrasi ABRI jang telah berdjalan sampai sekarang djuga tetap hares diteruskan. Sampai seka-rang tugas-tugas ABRI baik sebagai kekuatan sosial politik maupun sebagai alat HANKAM telah dilaksanakan dengan baik. Sukses-sukses ini tidak boleh membuat ABRI lengah. Kemampuan-kemampuan untuk mengamankan tugas-tugas Nasional harus dipelihara, baik represif maupun preventif, mentjegah timbulnja bahaja-bahaja baru dari dalam dan mengatasi kemungkinan kegiatan-kegiatan subversi dari luar.
Keamanan dalam negeri jang bertambah baik dan pengala-man-pengalaman jang kaja dalam melaksanakan dwi-fungsi
44
selama ini hendaknja didjadikan persiapan untuk menjusun strategi pembangunan ABRI dimasa depan.
Dibentuknja Dewan Pertahanan Keamanan Nasional baru-baru ini diharapkan dapat membantu Pemerintah dalam me-rumuskan kebidjaksanaan-kebidjaksanaan dibidang Hankam dalam djangka pandjang jang serasi dengan kebidjaksanaan dibidang usaha-usaha untuk kemakmuran Rakjat.
Dalam rangka konsolidasi tubuh ABRI ini, masalah pere-madjaan dan pemanfaatan anggota-anggota ABRI jang telah memenuhi sjarat-sjarat dipensiunkan harus mendapatkan perhatian kita semua.
Persiapan-persiapan dan rentjana-rentjana fang telah disiap-kan untuk memberikan latihan-latihan teknis kepada para anggota ABRI jang bersangkutan guna tugas-tugas jang diperlukan untuk pelaksanaan pembangunan perlu segera dilaksanakan. Dalam hal ini sambutan dan kerdjasama dari masjarakat, terutama para usahawan jang memiliki fasilitas untuk itu — disamping fasilitas fasilitas Pemerintah sendiri — sungguh akan memperlantjar pelaksanaan tersebut.
Baru-baru ini Pemerintah telah membentuk Perum Asuransi Sosial ABRI, jang bertugas mengusahakan tambahan peng-hasilan dalam djumlah dan dalam djangka waktu tertentu bagi anggota ABRI jang dipensiun dan sedang mempersiapkan diri untuk lapangan tugas baru.
Usaha sematjam ini diharapkan nanti akan dapat diperluas meliputi pegawai negeri/pegawai Perusahaan Negara dan akan merupakan langkah dalam memperbaiki nasib pegawai negeri dan anggota ABRI.
Saudara-saudara se-Bangsa dan se-Tanah Air;
Apabila didalam negeri kegiatan kita, kita pusatkan untuk mempertjepat pelaksanaan pembangunan, maka langkah-lang-kah kita keluar — bilateral, regional atau multilateral --- kita tudjukan untuk ikut mentjiptakan suasana dunia jang tjotjok bagi pelaksanaan pembangunan tadi — keadaan jang damai
45
dan stabil —, serta untuk memperluas hubungan dan kerdja-sama dibidang sosial-ekonomi jang berrnanfaat bagi tugas- tugas pembangunan pada umumnja. Segala sesuatunja tetap berlandaskan pada politik luar negeri kita jang babas dan aktif.
Dalam rangka ini, dan djuga dalam rangka mentjiptakan stabilitas regional dan ketahanan Nasional masing-masing, maka kita akan berusaha untuk meneruskan kegiatan-kegiatan dalam ASEAN jang dalam tahun-tahun terachir telah mulai kita isi bersama dengan bentuk-bentuk kerdjasama jang njata.
Saudara-saudara se-Bangsa dan se-Tanah Air;
Saja telah mendjelaskan langkah-langkah jang harus kita ambil diberbagai bidang: ekonomi dan pembangunan, sosial, politik, Hankam dan luar negeri.
Langkah-langkah tersebut merupakan bagian jang penting baik untuk mentjapai sasaran-sasaran djangka pendek — jang telah ditetapkan dalam REPELITA jang pertama — maupun untuk persiapan dan mendjangkau tudjuan-tudjuan pembangun-an djangka pandjang.
Untuk lebih memahami tempat berpidjak kita sekarang dalam rangkaian perdjalanan jang pandjang daripada pemba-ngunan masa depan itu, akan saja djelaskan gambaran umum dan arah pembangunan dimasa depan. Pendjelasan ini saja anggap perlu; bukan untuk mendahului hak dan pendapat Madjelis Permusjawaratan Rakjat jang nanti akan menggaris- kan haluan Negara, melainkan agar kita mempunjai pedoman-pedoman dasar jang sama dalam usaha kita mewudjudkan masjarakat jang adil dan makmur berdasarkan Pantja Sila. Telah sering saja djelaskan bahwa masjarakat jang kita tjita-tjitakan itu baru terwudjud setelah kita mengerdjakan serang-kaian pembangunan jang bertahap-tahap, jang setjara kese-luruhan djuga harus merupakan kesatuan jang serasi.
46
Pembangunan Lima Tahun jang sekarang merupakan pem-bangunan tahap pertama; jang merupakan bagian permulaan daripada rentjana pembangunan djangka pandjang untuk masa dua puluh lima tahun kedepan.
Dengan mempunjai gambaran mengenai pembangunan dua pu-luh lima tahun kedepan, kita dapat mengatur tertjapainja ketje-patan pertumbuhan ekonomi jang disesuaikan dengan kemampu-an jang dapat kita kembangkan dalam setiap tahap pembangun- an djangka menengah jang berdjangka waktu (lima tahun tadi. Dalam tiap tahap itupun kita dapat dengan djelas menentukan prioritas-prioritasnja.
Ketjepatan pertumbuhan ekonomi tadi akan tertjermin dalam pertumbuhan jang tjepat daripada Produksi Nasional Bruto. Apabila hal ini disertai dengan pengendalian ketjepatan pertambahan penduduk, maka tingkat pendapatan perkapita Rakjat Indonesia akan menandjak terus-menerus. Dilihat dari segi ini, program keluarga berentjana merupakan salah satu keharusan dari seluruh program pembangunan Bangsa kita.
Peningkatan pendapatan per-kapita harus tetap berlangsung dalam suasana kestabilan ekonomi. Hal ini sangat penting. Bilamana kestabilan ekonomi tidak dapat dipelihara — jang berarti harga ikut membubung tinggi —, maka kenaikan pendapatan tadi akan termakan habis oleh inflasi; dan achir- nja usaha pembangunan akan gagal. Karena itu usaha pening-katan pembangunan dan kebidjaksanaan pemeliharaan ke-stabilan ekonomi harus berdjalan bersama-sama setjara serasi.
Dalam pada itu, pembangunan jang menghasilkan pertum-buhan ekonomi jang tjepat tadi sekaligus diarahkan untuk mendjamin terlaksananja pembagian jang merata bagi seluruh Rakjat Indonesia: baik dalam menikmati hasil pembangunan maupun dalam kewadjiban memikul beban pembangunan. Hal ini berarti kita wudjudkan azas keadilan sosial. Azas ini bukan hanja akan terwudjud nanti — bila kita sudah mentjapai tingkat pembangunan jang tinggi —; tetapi djuga sudah harus
47
kita laksanakan sekarang dan selama kita melaksanakan pem-bangunan itu. Djadi djelas, bahwa kegiatan pembangunan bukan hanja bertudjuan meningkatkan pendapatan per-kapita, melainkan djuga mendjamin pembagian jang sesuai dengan rasa keadilan. Demikian djuga usaha pembangunan tidak hanja ditudjukan untuk meningkatkan produksi, melainkan sekaligus djuga untuk mengurangi kemungkdnan lebarnja djurang pemisah antarra si-kaja dan si-miskn. Dengan demi-kian, peningkatan usaha pembangunan bukan sadja membawa Rakjat Indonesia kearah tertjapainja masjarakat jang makmur, melainkan djuga terwudjudnja masjarakat jang adill; bukan sadja Bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan jang madju, tetapi djuga tiap-tiap warganegara hares menikmati tingkat kesedjahteraan jang tinggi.
Pertumbuhan ekonomi jang tjepat dalam djangka waktu 25 tahun itu sekaligus djuga akan membawa perobahan-perobah-an jang mendasar daripada struktur ekonomi Indonesia.
Dewasa ini kerangka ekonomi Indonesia mempunjai sifat berikut:
— sebagian besar dari produksi nasional berasal dari sektor pertanian, jang banjak tergantung pada keada-an alam;
bagian terbesar dari Rakjat kita hidup dari sektor pertanian, jang baru dalam tingkat menggunakan teknologi jang sederhana;
bagian besar dari ekspor kita terdiri dari bahan-bahan mentah jang banjak dipengaruhi oleh konjunktur dunia.
Tampak, bahwa dalam keadaan jang demikian, ekonomi kita mengandung kelemahan-kelemahan strukturil dan konjunktu-ril. Keadaan ini harus kita robah. Dalam periode 25 tahun itu produksi nasional kita bukan sadja bertambah dengan tjepat, melainkan harus berobah pula komposisinja, sehingga produk-si nasional jang berasal dari sektor-sektor diluar pertanian akan merupakan bagian jang semakin besar. Demikian pula
48
bagian penduduk jang hidup dari sektor industri, sektor djasa-djasa dan sektor-sektor lain diluar pertanian akan semakin bertambah. Komposisi eksporpun akan berobah, artinja, ekspor bahan mentah mendjadi relatip ketjil sehingga lambat laun ekspor Indonesia semakin banjak terdiri dari bahan- bahan jang telah diolah dan bahan djadi. Perobahan-perobahan tali berarti rneningkatnja ketahanan ekonomi. Indonesia ter-hadap perobahan-perobahan keadaan alam dan kegontjangan-kegontjangan konjunktur dunia.
Peranan sektor pertanian tetap penting dalam keseluruhan perobahan-perobahan tadi, malahan tetap harus diperkuat dan djuga dipertjepat pertumbuhannja. Akan tetapi pertumbuhan disektor industri, djasa-djasa dan lain-lainnja akan tumbuh lebih tjepat lagi; sehingga tertjapainja pertumbuhan ekonomi jang lebih seimbang. Dalam REPELITA jang pertama se- karang ini, pembangunan sektor industri diutamakan pada industri-industri jang menundjang sektor pertanian; dalam REPELITA jang kedua nanti pembangunan industri akan mengutamakan pengolahan bahan-bahan mentah jang dihasil-kan dari Indonesia sendiri; dalam REPELITA jang ketiga ditingkatkan lagi kepada produksi barang-barang djadi. Dan demikian seterusnja.
Peningkatan pertumbuhan ekonomi memerlukan investasi jang sangat besar. Hal ini berarti bahwa dalam REPELITA selandjutnja kita harus mengerahkan dana-dana investasi jang lebih besar lagi; jang bersumber pada tabungan masja rakat dan tabungan Pemerintah serta penerimaan devisa jang berasal dari ekspor dan djasa-djasa. Pengerahan dari dana dalam negeri dan dari penerimaan devisa harus meningkat dengan ketjepatan jang tinggi agar segera tiba saatnja kita dapat mengurangi peranan bantuan luar negeri, sehingga achirnja tidak diperlukan lagi.
Pertumbuhan ekonomi tadi djuga diarahkan dan sekaligus memetjahkan persoalan-persoalan prinsipiil lainnja; seperti
49
perluasan lapangan kerdja untuk memberantas pengangguran, penjebaran penduduk melalui tarnsmigrasi dan sebagainja. Malahan pemberantasan pengangguran itu djuga merupakan salah satu sasaran penting daripada pembangunan. Sebab itu apabila tadi saja menekankan perlunja teknologi dalam pembangunan —, maka dalam setiap REPELITA — jang sekarang dan jang akan datang — maka penggunaan teknologi dan penentuan sektor jang di-prioritas-kan dalam setiap tahap, djuga harus sekaligus berarti memberantas pengangguran ini.
Peningkatan kegiatan pembangunan jang saja gambarkan tadi bukan sadja dibutuhkan untuk meningkatkan sektor- sektor jang langsung produktip, melainkan djuga untuk mengembangkan sektor-sektor sosial seperti pendidikan, kese-hatan, agama, kebudajaan dan lain-lainnja. Malahan saja djuga jakin, bahwa kegiatan pembangunan itupun dapat sekaligus kita manfaatkan untuk membangun kehidupan politik jang lebih sehat.
Usaha-usaha pembangunan djangka pandjang ini akan ber-djalan lantjar dan berhasil apabila landasannja dan pengaman- an pelaksanaannja dapat ditjiptakan dan didjamin setjara serasi; oleh karena itu, kehidupan dan pembangunan sosial politik dan pertahanan-keamanan akan diusahakan seimbang dan dengan pembiajaan jang tidak akan mengganggu pelak-sanaan pembangunan dibidang sosial ekonomi dalam djangka pandjang.
Dengan usaha-usaha jang demikian itu barulah akan dapat ditjiptakan landasan untuk memungkinkan tertjapainja tjita- tjita masjarakat adil dan makmur. Dasar-dasar masjarakat adil dan makmur itu baru akan dapat kita lihat dan kita rasa- kan hasilnja dalam tempo 25 tahun didepan kita. 25 tahun, memang terasa lama bagi „kaum tua” jang hidup sekarang. Tetapi, bagi kehidupan suatu Bangsa, bagi usaha-usaha pem-bangunan dalam arti luas, bagi kepentingan generaisi-generasi jang akan datang, maka djangka waktu 25 tahun sekedar merupakan satu tahapan pendek.
50
Djangka waktu 25 tahun didepan kita itu sangat menentukan: apakah nanti kita mendjadi Bangsa jang terhormat ditengah-tengah dunia jang terus bertambah madju, atau kita hanja duduk termangu dipinggir-pinggir pergaulan hidup bangsa-bangsa dan hanja melihat kemadjuan bangsa-bangsa lain.
Saudara-saudara se-Bangsa dan se-Tanah Air;
Tepat setahun jang lalu — dari mimbar ini djuga — saja mengadjak saudara-saudara menengok sedjarah kita seper- empat abad kebelakang, membuat neratja perdjoangan, me-ngenali kekuatan-kekuatan kita dan meneliti kekurangan-keku-rangan kita.
Dan hari ini, saja telah mengadjak saudara-sauudara meluas-kan pandangan seperempat abad kedepan. Pandangan kedepan ini perlu, bukan karena kita ingin melamun. Orientasi Bangsa jang membangun adalah pandangan kedepan, jang harus mem-buat kita djustru lebih bertanggung djawab mengenai masa depan; bukan hanja mengagumi kebesaran-kebesaran masa lampau.
Masa depan kita iitu tjukup indah; tetapi djalan jang kita tempuh bukannja mudah. Masa depan kita itu penuh dengan harapan; tetapi djuga tidak sepi .dari tantangan-tantangan.
Marilah kita berkemas-kemas menghadapi pekerdjaan besar dalam membangun masa depan itu. Petani, buruh, pengusaha, tjendekiawan, rochaniawan, pemuda-pemudi, pegawai negeri, pradjurit, guru, — pendeknja kita semua tanpa ketjuali — harus telah menjiapkan diri dibidang masing-masing.
Sementara pikiran kita mendjaangkau dasawarsa-dasawarsa dimuka, sementara semangat hidup kita lebih dibangkitkan lagi oleh idam-idaman jang serba indah itu; djangan kita lengah terhadap tugas-tugas masa sekarang. Tugas-tugas masa seka-rang harus kita selesaikan, agar idam-idaman tadi mendjadi kenjataan.
Saja ulangi lagi. Inilah tugas kita masa sekarang: memper- kuat stabilitas Nasional dan memperhebat pelaksanaan pem-bangunan, chususnja menjelesaikan REPELITA jang pertama.
51
Kesempatan untuk membuat hidup kita jang lebih baik, sungguh, sekarang telah tergenggam ditangan kita sendiri. Ke-sempatan ini tidak boleh terlepas lagi.
Untuk itu, pada hari-hari kita memperingati ulang tahun Proklamasi Kemerdekaan sekarang ini, marilah kita member-baharui tekad untuk bekerdja lebih djudjur, lebih tekun dan lebih tertib.
Kita tjukup memberi banjak pengorbanan untuk mentjapai Kemerdekaan ini. Kita tjukup memeras keringat dan mengeras-kan ikat pinggang memperbaiki ekonomi dan melaksanakan pembangunan dalam lima tahun jang terachir
Marilah kita selesaikan pembangunan, Bangsa ini., agar Ke-merdekaan kita tidak sia-sia.
Semoga Tuhan Jang Maha Esa selalu memberkahi dan mem-beri kekuatan lahir-batin kepada Bangsa Indonesia.
Sekian dan terima kasih.


Djakarta, 16 Agustus 1971. Presiden Republik Indonesia,
SOEHARTO
DJENDERAL TNI
52

No comments: